Jumat, 3 Mei 2024

Candi Borobudur Tambah Waktu Operasional Satu Jam Selama Lebaran 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Taman Wisata Candi Borobudur Foto: PT TWC

Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah menambah satu jam operasionalnya selama libur Lebaran 2024.

Jamaludin Mawardi General Manager PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) Unit Borobudur mengatakan, dengan penambahan tersebut operasional buka lebih awal 30 menit dan tutup juga mundur 30 menit.

“Jadi lebih tepatnya selama ini wisatawan masuk ke zona satu, halaman candi baru jam 07.00 WIB, selama masa ramai dari tanggal 8-17 April 2024 itu bisa lebih awal setengah jam, tentunya jam 06.30 WIB sudah bisa naik ke halaman candi lalu tutupnya jam 17.30 WIB,” kata Jamaludin Mawardi di Magelang, Kamis (11/4/2024) dilansir Antara.

Ia berharap perpanjangan waktu tersebut memberi kelonggaran pada wisatawan. Dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya wisatawan terkadang datang sudah mepet waktunya dan pintu gerbang parkir sudah harus ditutup.

“Mereka sedikit kecewa karena sudah jauh-jauh meluangkan waktu untuk datang tetapi tidak mendapatkan kesempatan,” katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, penambahan waktu tutup selama 30 menit, mudah-mudahan bisa menjadi solusi atas permasalahan yang terjadi pada wisatawan.

Dia juga merinci kalau kuota naik candi tetap 1.200 per hari, dibagi delapan sesi, mulai jam 08.30 sampai 16.30 WIB. Selain itu, diharapkan para pengunjung yang ingin naik bangunan candi melakukan reservasi melalui online/daring.

“Tidak ada tambahan sesi di awal, tetapi karena tetap 1.200 pengunjung naik candi, sesi itu akan kita jalankan normal seperti biasa, delapan sesi mulai 08.30-16.30 WIB,” tandasnya. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs