Kamis, 25 Juli 2024

Cuaca Surabaya dan Sebagian Besar Jatim Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan lebat diserta petir dan angin. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan cuaca di sebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim) hujan lebat seharian ini, Jumat (26/4/2024).

Keterangan yang diterima suarasurabaya.net, hujan turun dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat.

Hujan lebat pada pagi hari ini diprakirakan mengguyur wilayah Malang, Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Pamekasan dan Sampang.

Kemudian pada siang hingga sore hari, hujan lebat berpotensi membasahi wilayah Kota Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten/Kota Blitar, Kota Kediri, Malang, Batu, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang dan Jember.

Sementara pada malam hari hujan masih akan berlanjut mengguyur wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Tuban, Nganjuk, Ngawi, Trenggalek, Blitar, Kediri, Malang, Lumajang dan Bangkalan.

Kemudian pada Sabtu (27/4/2024) dini hari nanti hujan lebat berpotensi mengguyur wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Tuban, Nganjuk, Ngawi, Trenggalek, Kediri, Malang dan Bangkalan.

Suhu udara Jatim hari ini berkisar 14 hingga 33 derajat Celsius, dengan kelembapan udara antara 55 hingga 100 persen. Angin dominan berhembus dari arah timur ke timur laut dengan kecepatan antara lima hingga 20 kilometer per jam.

Sementara itu, BMKG Tanjung Perak Surabaya memprakirakan potensi hujan ringan hingga lebat terjadi di wilayah perairan Jawa Timur.

Arah angin didominasi dari timur ke tenggara dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 15 knots atau 28 km/jam dan di Samudera Hindia Selatan Jatim sebesar 17 knot atau 32 kilometer per jam.

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0,1-0,8 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0,2-1,0 meter, dan di Samudera Hindia Selatan Jatim antara 0,8-2,3 meter. (ike/faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Kamis, 25 Juli 2024
27o
Kurs