Senin, 29 April 2024

DJKA Bakal Membangun Double Track di Sepanjang hingga Wonokromo

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Kereta Api melintasi jalur di Jembatan Brantas, Desa Tarik, Sidoarjo. Jalur ini baru diresmikan pada 1 Desember 2023. Foto: Humas DJKA

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Surabaya, melakukan pembangunan jalur ganda (double track) Sepanjang-Wonokromo.

Double track ini merupakan kelanjutan dari jalur ganda Mojokerto-Sepanjang yang telah rampung per 1 Desember 2023. Serta menjadi segmen terakhir dari Jalur Ganda Selatan Jawa di Jawa Timur (Jatim).

Risal Wasal Direktur Jenderal Perkeretaapian menuturkan, guna mendukung pembangunan double track Sepanjang-Wonokromo, pihaknya berkoordinasi dengan stakeholder untuk mengantisipasi kemungkinan dampak yang muncul selama pembangunan berlangsung.

“Salah satunya adalah kemungkinan adanya rekayasa lalu lintas pada Jalan Ahmad Yani Surabaya, khususnya sekitar flyover Mayangkara sebagai bagian dari pekerjaan penanganan JPL 1A-1B di sekitar itu,” ungkap Risal dalam keterangan resminya, Senin (29/1/2024).

Kendati demikian, Risal menyebutkan rencana rekayasa lalu lintas ini masih dalam tahap pembahasan dengan Dishub Jatim, Dishub Surabaya, hingga kepolisian.

Risal menegaskan, sebelum rekayasa lalu lintas diberlakukan, akan dilakukan sosialisasi dengan melibatkan pihak-pihak terkait untuk menghindari kebingungan pada masyarakat sehubungan rekayasa dimaksud.

Selain adanya rencana rekayasa lalu lintas, DJKA juga tengah melakukan penertiban dan pengadaan lahan di sekitar pilar tol Surabaya-Gempol yang berada dikawasan Pagesangan Surabaya.

Hal ini dilakukan untuk memastikan jarak aman antara jalur ganda yang akan dibangun. Selain itu juga memastikan aspek keselamatan dari perjalanan kereta api yang akan melintasi jalur ganda ini.

Double track Sepanjang-Wonokromo akan dibangun sepanjang tujuh kilometer. Jalur ini menghubungkan Jalur Ganda Selatan Jawa segmen Cirebon-Purwokerto-Yogya-Solo-Madiun-Wonokromo dengan segmen Mojokerto-Sepanjang. (saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs