Minggu, 16 Juni 2024

Usai Kecelakaan KA Turangga, Double Track di Cicalengka Diprakirakan Rampung Medio 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Jalur kereta di petak jalan antara Stasiun Haurpugur dan Stasiun Cicalengka yang menjadi titik kecelakaan kereta Turangga dan Kereta Commuterline Bandung Raya tengah diujicoba pada Sabtu (6/1/2024). Foto: Humas KAI Daop 2

Bey Triadi Machmudin Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) menyebut, pembangunan jalur kereta api double track di petak lokasi kecelakaan KA Turangga dan KA Commuterline Bandung Raya rampung pada pertengahan 2024.

Lokasi kecelakaan di petak jalur Stasiun Haurpugur dan Stasiun Cicalengka di Kabupaten Bandung ini memang terdiri dari satu jalur saja hingga menyulitkan dan menghambat laju lalu lintas kereta api.

“Pembangunan double track kata Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Mohammad Risal Wasal), semester 1 tahun 2024 ini selesai untuk di lokasi kemarin, sehingga double track semua di Bandung sudah beres pada semester 1 tahun 2024,” kata Bey dilansir Antara pada Sabtu (6/1/2024).

Hal senada diungkapkan Didiek Hartantyo Direktur Utama (Dirut) PT KAI. Ia menyebut dalam proyek jalur ganda ini, PT KAI juga meningkatkan sistem persinyalan.

Bahkan Didiek mengatakan bahwa pembangunan jalur ganda ini dilakukan di seluruh wilayah jalur KA di Bandung Raya yang rampung pada semester 1 tahun 2024 dengan kendala pembebasan lahan yang telah bisa terselesaikan.

“Kendala memang pembebasan lahan. Jadi double track ini, termasuk peningkatan sistem persinyalan yang tadi mekanik elektrik, ini jalur di Bandung untuk double track semester 1 ini selesai semua tinggal satu petak lagi, jadi Juni insya Allah selesai,” tuturnya.

Kecelakaan kereta api terjadi antara Kereta Api Turangga (Surabaya-Bandung) dan Kereta Api Commuter Line Bandung Raya (Padalarang-Cicalengka) di petak jalan antara Stasiun Haurpugur dan Stasiun Cicalengka pada Jumat (5/1/2024) sekitar pukul 06.00 WIB.

Dalam kecelakaan ini, PT KAI melaporkan ada empat korban meninggal dunia. Terdiri atas masinis, asisten masinis, pramugara, dan Polsuska yang tengah bertugas di kereta. Kemudian, sedikitnya 33 orang mengalami luka-luka.

Evakuasi dua kereta api nahas tersebut, disebut oleh PT KAI, telah berhasil dilakukan pada Sabtu dini hari dan telah dinormalisasi serta dinyatakan aman oleh tim Jalan dan Jembatan Daop 2 Bandung pada pukul 06.30 WIB. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
25o
Kurs