Sabtu, 27 April 2024

DJKA Sebut 964 Kereta Telah Diperiksa Kelaikan Jelang Mudik Lebaran

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Sejumlah penumpang tampak berangkat menggunakan kereta dari Stasiun Surabaya Gubeng saat perayaan Imlek, Sabtu (10/2/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net Ilustrasi - Sejumlah penumpang tampak berangkat menggunakan kereta dari Stasiun Surabaya Gubeng saat perayaan Imlek, Sabtu (10/2/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan sudah melakukan pemeriksaan kelaikan dan kesiapoperasian (ramp check) sarana perkeretaapian 964 unit menjelang arus mudikLebaran tahun ini.

“Untuk update jumlah armada sarana kereta api yang sudah diperiksa atau ramp check per 2 Maret 2024, sudah ada 964 unit sarana perkeretaapian menghadapi pengangkutan penumpang arus mudik Lebaran nanti,” kata Risal Wasal Direktur Jenderal Perkeretaapain Kemenub dikutip Antara pada Selasa (5/3/2024) malam.

Risal merinci, 964 sarana perkeretaapian tersebut yakni 851 unit kereta ditarik lokomotif; 52 unit kereta rel diesel (KRD) yaitu kereta api yang mempunyai penggerak sendiri menggunakan sumber tenaga motor diesel; dan 61 unit kereta rel listrik (KRL) meliputi LRT Sumatera Selatan (Sumsel) dan KRL Jogja-Solo.

Lalu, ada 102 unit lokomotif yaitu kepala kereta api yang menarik gerbong kereta yang sudah dilakukan pemeriksaan kelaikan.

“Saat ini kegiatan ramp check atau pemeriksaan sarana masih berlangsung sampai dengan tanggal 22 Maret 2024,” ucap Risal.

Dia menyampaikan bahwa sejauh ini proses pemeriksaan sarana perkeretaapian tidak mengalami kendala yang berpotensi mengganggu operasional kereta. Semua sarana yang diperiksa menunjukkan kelaikan beroperasi dalam pelayanan arus mudik dan balik Lebaran 2024.

“Diharapkan dengan adanya pemeriksaan sarana ini dapat meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api terutama dari aspek sarana perkeretaapian,” kata Risal. (ant/azw/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
33o
Kurs