Kamis, 30 Mei 2024

Epidemiolog Unair Tekankan Pentingnya Prokes di Libur Tahun Baru

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ilustrasi masker kesehatan. Foto: Freepik

Laura Navika Yamani Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (Unair) mengingatkan masyarakat agar mentaati protokol kesehatan di masa libur Tahun Baru 2024.

Hal itu ia katakan, seiring dengan kembali munculnya kasus Covid-19 dengan varian baru, meskipun kenaikannya tidak signifikan.

“Memang dalam kondisi pergantian tahun, liburan tahun baru ini ada faktor-faktor yang mempengaruhi, terutama kalau ada peningkatan mobilitas kemungkinan ada peningkatan kasus dari Covid,” ucapnya dalam keterangan yang diterima, pada Senin (1/1/2024).

Meski dia mengatakan munculnya varian baru Covid mampu dikenali oleh sistem imun dalam tubuh, tetapi Laura menegaskan ada hal yang perlu diperhatikan masyarakat terkait dengan protokol kesehatan. Yakni, masyarakat harus menyadari pentingnya pencegahan dengan menggunakan protokol kesehatan.

Ketika berinteraksi dengan orang lain di tempat umum, kata dia, sebaiknya menggunakan prokes sesuai anjuran. Juga ketika mobilisasi dari satu tempat ke tempat lain, serta apabila kesehatan tubuh kurang baik.

“Jadi, kalau kondisi tubuh nggak fit, tubuh ada gejala Covid ya seharusnya kita antisipasinya adalah pakai masker. Jadi supaya tidak menyebarkan ke orang lain,” ucapnya.

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya vaksinasi untuk mencapai health community atau kekebalan komunitas.

“Karena kita tahu, tidak semua masyarakat bisa divaksin, jadi dengan menciptakan kekebalan komunitas semakin banyak orang yang mendapatkan vaksin jadi kita melindungi kelompok minoritas yang mereka tidak bisa divaksin karena kondisi kesehatan” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa yang perlu diperhatikan selain upaya pencegahan peningkatan Covid, adalah kondisi cuaca.

Peralihan musim, kata dia, juga dapat memicu terjadinya infeksi, sehingga perlu adanya upaya yang meningkatkan imunitas individu. Ia memberikan beberapa saran yang dapat dilakukan untuk menjaga imunitas tetap baik

“Yakni, kita bisa melakukan kegiatan yang tujuannya meningkatkan imunitas, misalkan mengkonsumsi vitamin, makan makanan yang sehat dan bergizi, kemudian juga banyak istirahat, jadi tidak diforsir untuk liburan ke banyak lokasi” pungkasnya. (ris/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 30 Mei 2024
26o
Kurs