Senin, 22 Juli 2024

Gibran Pastikan Tetap Kawal 17 Prioritas Pembangunan Kota Solo

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Gibran Rakabuming Raka Wali Kota Surakarta. Foto: Antara

Gibran Rakabuming Raka Wali Kota Surakarta memastikan akan tetap mengawal 17 prioritas pembangunan di Kota Solo, Jawa Tengah, meski dirinya nanti tidak lagi menjabat sebagai kepala daerah di sana.

“Saya akan tetap mengawal 17 prioritas pembangunan. Saya yakin Solo ke depan akan lebih baik lagi, saya mohon doanya agar semua bisa berjalan baik,” kata Gibran, di Solo, Kamis (29/2/2024), dikutip Antara.

Ia mengatakan ke depan jika Masjid Sriwedari dan Benteng Vastenburg sudah mulai dikerjakan, maka akan menjadi 19 prioritas pembangunan.

“Gambarnya sudah ada di meja saya, tapi belum bisa kami paparkan sekarang. Menunggu semuanya clean and clear dulu (beres),” katanya.

Gibran mengatakan saat ini salah satu proyek yang tengah dikerjakan, yakni pembangunan Rumah Sakit Emirates Hospital yang ada di kawasan Solo Technopark.

Untuk infrastruktur tersebut, kata Gibran, merupakan proyek dari Pemerintah Uni Emirat Arab. Dengan dibangunnya proyek ini, menurut dia, pembangunan Islamic Center ditunda untuk sementara waktu.

“Islamic Center bukan disetop tapi kami prioritaskan dulu untuk pembangunan Rumah Sakit Emirates Hospital yang ada di Technopark dibangun dulu. Bulan Agustus selesai,” katanya lagi.

Baru selanjutnya, akan dilanjutkan pembangunan Islamic Center. “Ini bukan dihentikan tapi kami tukar prioritas saja, karena saya yakin yang namanya masalah kesehatan juga menjadi prioritas untuk Kota Solo,” katanya pula.

Menurut Putra Sulung Joko Widodo itu, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan selama sisa masa jabatannya.

Selain infrastruktur, ada juga pendapatan asli daerah (PAD), angka kemiskinan, pengangguran, angka harapan hidup, dan indeks pembangunan manusia (IPM). “Sebetulnya IPM sudah tinggi, tapi tetap harus ditingkatkan lagi,” kata dia.

Selain itu, untuk angka kasus stunting di Solo juga masih harus diperhatikan. Karenanya Teguh Prakosa Wakil Wali Kota Surakarta, kata Gibran, fokus mengedukasi hal itu.

“Beliau luar biasa, angka stunting sudah sangat terkendali. Saya yakin suatu saat bisa dinolkan karena banyak bantuan dari CSR swasta yang juga sangat luar biasa,” katanya lagi. (ant/azw/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Senin, 22 Juli 2024
24o
Kurs