Minggu, 5 Mei 2024

Imbas Gempa di Jepang, Rusia Keluarkan Peringatan Tsunami Bagi Warga Sakhalin dan Vladivostok

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Papan penunjuk arah bertuliskan "Tsunami, Rute Evakuasi, 100 Meter" terlihat di Pulau Shikotan, Rusia. Foto: Reuters

Pemerintah Rusia mengeluarkan peringatan tsunami bagi Pulau Sakhalin dan Kota Vladivostok menyusul gempa magnitudo 7,4 di Jepang pada Senin (1/1/2024) hari ini.

“Gelombang tsunami kemungkinan akan melanda daerah-daerah di sepanjang pantai barat Sakhlain,” kata Kementerian Kedaruratan Rusia dilansir Antara pada Senin.

Sistem peringatan telah diaktifkan di daerah-daerah tersebut dan penduduk setempat tengah dievakuasi ke tempat-tempat aman.

“Tim tanggap darurat dipersiapkan untuk menangani dampak yang mungkin terjadi akibat tsunami,” imbuh kementerian itu.

Peringatan tsunami juga dikeluarkan bagi Kota Vladivostok di wilayah timur jauh Rusia.

Pemerintah kota itu mengatakan dalam pernyataannya bahwa nelayan dan kapal yang pergi berlayar diminta untuk segera kembali ke pantai.

Menurut Pusat Tsunami Rusia, gelombang setinggi 0,3 meter dari Teluk Ussuri diperkirakan akan tiba di pantai Vladivostok sekitar pukul 19.36 (16.36 WIB).

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan awal magnitudo 7,4, mengguncang wilayah di pantai Laut Jepang, Jepang tengah pada Senin. Segera setelah gempa itu otoritas bencana Jepang mengeluarkan peringatan tsunami.

Gempa terjadi pada pukul 16:10 waktu setempat untuk menggetarkan gedung-gedung di pusat Kota Tokyo, kata otoritas Jepang. Peringatan itu menaksir tinggi gelombang tsunami sekitar lima meter di Prefektur Ishikawa. (ant/saf/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs