Rabu, 17 Juli 2024

Jelang Libur Iduladha, PMI Kota Surabaya Pastikan Stok Ketersediaan Darah Aman

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Seorang petugas menunjukkan ketersediaan darah di ruang pendingin UDD PMI Surabaya. Foto: Dok/ suarasurabaya.net

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya memastikan stok ketersediaan darah aman jelang hari libur Iduladha 1445 Hijriyah.

“Alhamdulillah, untuk stok darah saat ini sangat banyak, karena kami juga untuk mempersiapkan di hari libur panjang Iduladha,” kata dr. Wandai Rasoetedja Kepala Bagian Pelayanan dan Humas Unit Transfusi Darah PMI Kota Surabaya, waktu di Kantor Unit Donor Darah PMI Kota Surabaya, Jumat (14/6/2024).

dr. Wandai Rasoetedja Kepala Bagian Pelayanan dan Humas Unit Tranfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya saat berada di Kantor Unit Donor Darah PMI Kota Surabaya, Jumat (14/6/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Stok di PMI Kota Surabaya, kata dia, untuk sel darah merah ada 2.000 kantong lebih, sedangkan trombosit ada sekitar 500 kantong.

Ia mengucapkan rasa terima kasih kepada masyarakat yang telah mendonorkan darah, karena telah membantu untuk sesama warga, khususnya yang sedang membutuhkan darah.

“Untuk momen hari ini, di hari donor darah sedunia, kami juga memberikan souvenir tas cantik untuk yang donor hari ini,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa untuk mengupayakan stok darah di PMI tetap terpenuhi dan bisa disalurkan untuk masyarakat yang membutuhkan, pihaknya melakukan berbagai kegiatan, seperti penyuluhan dan sosialisasi.

Upaya semacam itu, kata dia, bukan hanya menyasar orang dewasa, tetapi juga anak-anak, sehingga mereka akan paham mengenai donor darah.

“Bahkan, banyak sekali sekolah-sekolah yang masih tingkat SD ataupun TK, mereka datang ke sini (Kantor PMI) untuk mengetahui apa itu donor darah,” tuturnya.

Dalam momentum peringatan hari donor darah sedunia ini, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk terus peduli dan memberikan manfaat bagi sesama.

“Mari donor darah, khususnya bagi mereka yang belum mendonor darah. Ayo donorkan darah Anda, karena itu sangat bermanfaat bagi sesama,” pungkasnya.(ris/bil/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Rabu, 17 Juli 2024
24o
Kurs