Sabtu, 27 April 2024

PMI Surabaya Pastikan Stok Darah Aman selama Bulan Ramadan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Martono Adi Trijogo Kepala Unit Donor Darah PMI Surabaya saat berada dalam kegiatan Donor Darah Ramadan di BG Junction Surabaya, Selasa (19/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net Martono Adi Trijogo Kepala Unit Donor Darah PMI Surabaya saat berada dalam kegiatan Donor Darah Ramadan di BG Junction Surabaya, Selasa (19/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Martono Adi Trijogo Kepala Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya memastikan, stok darah di Surabaya aman selama bulan Ramadan 1445 Hijriyah.

“Sekarang pada bulan puasa ini, sudah tidak kekurangan sama sekali. Sudah sangat berlebih. Termasuk jenis-jenis golongan,” katanya kepada awak media dalam kegiatan amal Donor Darah Ramadan di BG Junction Surabaya, Selasa (19/3/2024).

Ia mengatakan, saat ini stok darah yang ada di PMI Surabaya ada 1.500 kantong darah. Jumlah tersebut, belum termasuk darah hasil kegiatan amal.

Kebutuhan darah per-harinya di PMI Surabaya, kata dia, berkisar antara 400 hingga 500 kantong darah. Sehingga, ia menyebut total 1.500 darah itu cukup untuk sekitar tiga hari ke depan.

“Tapi setiap harinya ada masuk lagi 500 kantong, 500 kantong, jadi bisa cukup,” katanya.

Untuk jenis golongan darah yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat saat ini, yakni golongan darah O.

Ia mengatakan bahwa kebutuhan darah di bulan Ramadan tahun ini, jika dibandingkan dengan bulan Ramadan tahun lalu, cenderung stabil.

Untuk memastikan stok darah dalam kondisi tetap aman, PMI Surabaya juga membuat kegiatan amal bertajuk Donor Darah Ramadan di BG Junction Mall Surabaya selama 10 hari berturut-turut, yakni pada 19-28 Maret 2024.

“Pada bulan puasa ini, kami siapkan antisipasi untuk kegiatan, yakni dengan kegiatan donor darah ini,” ucapnya.

Stok darah yang ada di PMI Surabaya itu, kata dia, akan digunakan untuk melayani masyarakat Surabaya yang membutuhkan. Selain itu, jika ada masyarakat dari luar Surabaya yang sedang butuh juga akan disalurkan untuk kepentingan kemanusiaan.(ris/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs