Rabu, 17 April 2024

Stok Darah A dan O Alami Kelangkaan, PMI Surabaya Ajak Kerelaan Masyarakat Donor Darah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Petugas Unit Donor Darah (UDD) mengumpulkan kantong berisikan darah pendonor. Foto: Antara

Stok darah golongan O dan A di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya, dikabarkan mengalami kelangkaan pada Sabtu (17/2/2024) pagi.

Data terbaru, hingga pukul 09.00 WIB, tercatat stok darah untuk golongan darah AB masih mencukupi yakni 202 kantong dan golongan B 86 kantong. Namun, untuk golongan A dan O stoknya krisis.

“Yang sangat mengkhawatirkan ini terjadi krisis stok darah, golongan A pagi ini hanya ada tiga kantong, dan yang golongan O ini (stoknya) kosong,” kata Triksi Hendria Kasie Humas UTD PMI Surabaya kepada Radio Suara Surabaya, Sabtu pagi.

Dia menjelaskan, kelangkaan dipicu oleh banyaknya populasi pemilik golongan darah O. Apalagi dalam satu minggu terakhir permintaan stok darah golongan O dan A cukup banyak.

“Sehingga otomatis kebutuhan darah yang meningkat di golongan A dan O ini akhirnya berpengaruh terhadap sok darah. Otomatis kita juga sangat membutuhkan bantuan bagi para pedonor yang (darahnya) di golongan tersebut,” jelasnya.

Untuk itu, dia mengimbau bagi para sahabat dan relawan donor darah yang sudah jatuh tempo untuk kembali melakukan pendonoran darah, dengan mengunjungi UDD PMI Surabaya di Jalan Embong Ploso No.7-15 Surabaya.

“Kami mohon kerelaannya untuk menyempatkan dan meluangkan waktunya mendonorkan darah. Kami buka setiap hari meskipun hari libur, tanggal merah nasional itu kita tetap buka dari jam tujuh pagi hingga sembilan malam, terutama yang golongan A dan golongan O,” jelasnya.

Demikian dengan semua golongan darah lainnya yakni AB dan B, kata Triksi, tentu akan tetap diterima jika ada yang mendonorkan darahnya.

“Kita tidak hanya menunggu para pedonor darah untuk datang ke kantor kami. Kami melakukan jemput bola yang sudah terjadwal juga di beberapa instansi dan Car Free Day,” tutupnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

Stok Darah di PMI Surabaya Berangsur Normal


Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
29o
Kurs