Senin, 24 Juni 2024

Jemaah Haji Diminta Tak Terima Tamu pada H-7 sebelum Keberangkatan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Sebanyak 42.605 jemaah dari 111 kelompok terbang (kloter) sudah tiba di Tanah Air, Selasa (11/7/2023). Foto: Kemenag

Liliek Marhaendro Susilo Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) Kementerian Kesehatan RI meminta calon jemaah haji untuk perbanyak waktu istirahat dan tak menerima tamu sepekan sebelum keberangkatan ke Tanah Suci.

“Seminggu sebelum berangkat, kalau bisa jemaah haji itu sudah istirahat total,” kata Liliek dilansir Antara pada Sabtu (23/3/2024).

Dia mengatakan, masyarakat yang akan pergi berhaji kerap suka disibukkan dengan kegiatan walimatus safar. Mereka menerima tamu bahkan hingga sehari sebelum keberangkatan.

Padahal, kata dia, beberapa hari sebelum hari keberangkatan merupakan waktu krusial bagi jemaah. Mereka seharusnya tengah dalam kondisi istirahat serta menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan.

Namun tak jarang, masih ditemukan jemaah yang masih sibuk menyiapkan perlengkapan sehari sebelum berangkat.

“Jadi mereka masih kita lihat, besok berangkat ke Embarkasi, hari ini masih beres-beres koper karena belum sempat. Kemarin-kemarin tamunya datang terus. Walimatus safar harusnya jauh-jauh hari sebelum jemaah haji berangkat,” ujarnya.

Sebelumnya, ia mengimbau kepada calon jemaah haji untuk mulai olahraga ringan secara rutin jelang keberangkatan ke Tanah Suci.

“Menerapkan pola hidup yang sehat. Tiap pagi jalan atau pokoknya setiap hari lah kalau bisa usahakan rutin olahraga ringan,” tuturnya.

Ia mengatakan ibadah haji merupakan ibadah yang memerlukan ketahanan fisik. Fisik para peserta calon haji akan diuji utamanya saat memasuki puncak haji hingga setelahnya.

Maka dari itu, ia mendorong agar jelang keberangkatan ke Arab Saudi untuk menjaga kebugaran dengan berolahraga ringan minimal 30 menit setiap hari.

Apabila biasanya melakukan aktivitas jarak dekat dengan menggunakan kendaraan. Maka sudah seharusnya dilakukan lewat jalan kaki atau bersepeda. (ant/ike/saf/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 24 Juni 2024
25o
Kurs