Minggu, 19 Mei 2024

Jepang Akan Pilih Astronot Pertamanya untuk Misi di Bulan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Arsip - Nissan dan JAXA kolaborasi purwarupa penjelajah bulan. Foto: HO NISSAN.

Jepang akan memilih astronot pertamanya untuk mendarat di bulan pada misi pendaratan di bulan yang dipimpin Amerika Serikat.

Melansir Antara, Jumat (12/4/2024), misi tersebut akan melibatkan tujuh astronot, termasuk dua orang kandidat yang dipilih tahun lalu yang dipertimbangkan untuk bergabung dalam tim itu.

Selain itu, misi ini juga telah disepakati oleh Fumio Kishida Perdana Menteri Jepang dan Joe Biden Presiden Amerika Serikat (AS) agar warga negara Jepang menjadi astronot non-AS pertama yang menginjakkan kaki di bulan.

Jepang akan menyediakan kendaraan penjelajah bertekanan yang disebut Lunar Cruiser yang akan berfungsi sebagai pangkalan untuk tinggal dan menjelajahi bulan, sebagai imbalan bagi dua astronot Jepang untuk mendarat di bulan.

Kendaraan penjelajah tersebut diperkirakan akan dikirim ke bulan pada tahun 2031, dan dioperasikan oleh Jepang selama 10 tahun.

Sementara itu, Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang JAXA menyatakan bahwa belum ada keputusan yang dibuat, termasuk mengenai metode pemilihan astronot yang akan ambil bagian dalam misi eksplorasi bulan Artemis.

Lebih lanjut, seorang astronot Jepang dijadwalkan ikut dalam misi Artemis 4 yang dijadwalkan pada tahun 2028 karena misi Artemis 3 yang direncanakan pada tahun 2026 merupakan misi pendaratan berawak pertama yang akan diawaki oleh dua astronot AS. (ant/sya/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
25o
Kurs