Selasa, 30 April 2024

Jerman Terancam Gelombang Pemogokan di Sektor Transportasi

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Suasana di stasiun pusat Frankfurt di Frankfurt, Jerman pada 10 Januari 2024. Foto: Xinhua

Pemogokan yang kerap dilakukan staf perkeretaapian dan penerbangan di Jerman dapat membawa konsekuensi negatif bagi negara itu sebagai sebuah lokasi bisnis.

Steffen Kampeter Direktur Pelaksana Konfederasi Asosiasi Pengusaha Jerman (BDA) mengatakan, pemogokan di infrastruktur penting tidak hanya mengganggu, tetapi juga menghambat pertumbuhan.

“Kehancuran ekonomi tidak hanya menyangkut perusahaan-perusahaan yang terkena dampak langsung, tetapi juga seluruh perekonomian,” katanya dilansir Antara, Sabtu (16/3/2024).

Institut Ekonomi Jerman (IW) memperkirakan, satu hari pemogokan kereta api nasional merugikan hingga 100 juta Euro atau sekitar 109 juta Dolar AS dalam output ekonomi.

“Hilangnya kepercayaan terhadap keandalan infrastruktur merupakan kerugian bagi Jerman sebagai sebuah lokasi untuk berbisnis,” ujar Kampeter.

Ia mengkritik tindakan serikat pekerja sebagai tindakan yang tidak proporsional. Dia meminta para legislator untuk membuat komitmen yang jelas bahwa aksi industrial harus tetap menjadi pengecualian.

Meskipun pemerintah tidak dapat ikut campur dalam perselisihan upah yang tengah berlangsung, Volker Wissing Menteri Transportasi Jerman mengatakan bahwa pihaknya akan mencermati hal ini dengan saksama.

“Setelah perselisihan upah ini diselesaikan, kami harus mengkaji apakah kami memerlukan perubahan atau tidak,” jelasnya. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs