Rabu, 1 Mei 2024

Jokowi Presiden Tinjau Arus Mudik Lebaran di Stasiun Pasar Senen

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden.memberikan keterangan kepada wartawan usai meninjau arus.mudik di Stasiun Kereta Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (8/4/2024). Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Senin (8/4/2024), dua hari sebelum lebaran Idulfitri 1445 Hijriah (H-2), meninjau arus mudik, di Stasiun Kereta Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Presiden ingin memastikan proses keberangkatan warga masyarakat yang pulang kampung menumpang kereta api jarak jauh berjalan lancar.

Pantauan suarasurabaya.net, Jokowi tiba di lokasi pukul 08.43 WIB. Hadir mendampingi RI 1 antara lain Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan, Heru Budi Hartono Pj Gubernur Jakarta, Mayjen TNI Rudy Saladin Sekretaris Militer Presiden, Mayjen TNI Mohammad Hasan Pangdam Jaya, dan Brigjen Pol Suyudi Ario Seto Wakapolda Metro Jaya.

Di Stasiun Senen, Presiden sempat menyapa beberapa orang calon penumpang kereta yang sedang menunggu waktu keberangkatan.

Kemudian, Jokowi melihat langsung proses antrean penumpang menuju peron sampai ke gerbong kereta.

Menurut Presiden, sistem perkeretaapian sudah berjalan baik.

“Saya melihat semuanya rapi, terkelola dengan baik sampai di atas kereta juga saya lihat juga rapi, baik, tidak ada yang berdesak-desakan. Semuanya baik di Stasiun Pasar Senen,” ujarnya.

Sementara, yang menjadi perhatian Jokowi untuk segera dievaluasi pada momen mudik lebaran tahun ini yaitu kepadatan kendaraan khususnya yang ingin menyebrang ke Pulau Sumatra lewat Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan.

Sekadar informasi, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta mencatat hari Sabtu (6/4/2024) dan Minggu (7/4/2024), merupakan puncak keberangkatan pemudik yang menumpang kereta api.

Ixfan Hendriwintoko Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta mengatakan, kemarin terjual 46.920 tiket Kereta Api Jarak Jauh untuk 79 perjalanan.

Kemarin, sebanyak 26 ribu lebih pemudik sudah berangkat ke berbagai tujuan dari Stasiun Pasar Senen.

Per harinya, ada sebanyak 37 rangkaian kereta api yang melayani keberangkatan penumpang.

Menurut Ixfan, jumlah penumpang dan kapasitas gerbong kereta yang disediakan tahun ini meningkat antara 8-10 persen dibanding tahun 2023. (rid/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
28o
Kurs