Minggu, 16 Juni 2024

PT KAI Daop 8 Surabaya Siagakan Ratusan Petugas Selama Posko Lebaran Mulai Hari Ini

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Apel gelar pasukan KAI Daop 8 Surabaya memulai posko angkutan Lebaran, Jumat (5/4/2024). Apel gelar pasukan KAI Daop 8 Surabaya memulai posko angkutan Lebaran, Jumat (5/4/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya menyiagakan ratusan petugas selama posko angkutan Lebaran mulai hari ini, Jumat (5/4/2024) hingga 16 April 2024. Kesiapan itu ditandai dengan apel gelar pasukan di Kantor KAI Daop 8 Surabay.

Wisnu Pramudyo Executive Vice President (EVP) KAI Daop 8 Surabaya menyebut, ada 581 personel keamanan dan ketertiban (kamtib) yang dikerahkan selama masa operasi.

“Terdiri dari 134 Polsuska, 378 security, serta 69 eksternal TNI dan Polri,” katanya saat ditemui suarasurabaya.net, Jumat (5/4/2024).

Ia memastikan seluruh jajaran siap dan operasional perjalanan aman serta optimal.

“KAI Daop 8 telah menyiapkan segala sumber daya untuk melayani pelanggan secara maksimal. Kesiapan KAI Daop 8 mencakup SDM, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan,” ucapnya.

Wisnu Pramudyo Executive Vice President (EVP) KAI Daop 8 Surabaya
Wisnu Pramudyo Executive Vice President (EVP) KAI Daop 8 Surabaya, Jumat (5/4/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Untuk mitigasi gangguan perjalanan kereta api, lanjutnya, sudah dipetakan sembilan daerah perhatian khusus.

“Dengan mengerahkan 98 personel ekstra yang terdiri dari 41 petugas pemeriksa jalur ekstra, 30 petugas penjaga pintu perlintasan ekstra, dan 27 petugas daerah pemantauan khusus,” bebernya lagi.

Pengecekan titik yang memiliki potensi rawan juga dilakukan berkala, proaktif menyelesaikan potensi bahaya, memastikan ketersediaan dan keandalan dari seluruh perangkat penanganan kondisi darurat, serta meningkatkan penjagaan di perlintasan liar dengan berkoordinasi aktif serta mengoptimalkan seluruh stakeholders termasuk masyarakat sekitar.

Ramp check atau pemeriksaan kelaikan maupun kesiapoperasian lokomotif dan kereta untuk memastikan kereta api dalam kondisi prima juga sudah dilakukan.

Selama masa angkutan Lebaran 31 Maret sampai 21 April 2024, KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 54 KA jarak jauh, terdiri dari 43 KA jarak jauh reguler dan 11 KA jarak jauh tambahan, dengan total 30.340 tempat duduk setiap harinya. (lta/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
31o
Kurs