Minggu, 28 April 2024

Jusuf Kalla Ketua DMI Sebut Ramadan Momentum Introspeksi Diri

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Jusuf Kalla Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) saat memberikan kuliah umum di Universitas NU Surabaya (Unusa). Foto: Humas Unusa

Jusuf Kalla Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengingatkan umat muslim untuk mengintrospeksi diri menyambut Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi.

“Puasa itu sejak dahulu sudah diperintahkan. Ramahan itu adalah cobaan, juga pelatihan sekaligus ibadah yang penting untuk kita semua,” tutur Jusuf Kalla dilansir Antara, Minggu (10/3/2024).

Jusuf Kalla mengimbau umat dengan mengutip dalil tentang perintah pelaksanaan puasa di surat Al-Baqarah ayat 183.

Menurutnya, puasa merupakan ibadah yang sejak dahulu telah diperintahkan bagi orang-orang yang beriman, kecuali yang berhalangan.

“Puasa itu amal ibadah yang penting bagi kaum Muslimin,” papar pria yang akrab disapa JK tersebut.

Oleh karena itu, JK mengajak seluruh umat Islam di Indonesia untuk menyiapkan waktu untuk melakukan introspeksi diri menyambut bulan suci tahun ini, sekaligus apa yang akan dilakukan setelah Ramadhan.

JK mengemukakan persoalan Islam yang menghadapi tantangan dan masalah yang berbeda-beda. Seperti persoalan yang dihadapi umat Islam di Timur Tengah serta umat Islam di belahan dunia lainnya.

Namun, JK bersyukur di Indonesia relatif menghadapi tantangan yang tidak begitu berat.

“Kita bersyukur dengan kegiatan-kegiatan keagamaan di Indonesia, jumlah masjid yang luar biasa, sehingga membutuhkan suatu upaya bersama dalam meningkatkan amal ibadah, muamalah, tarbiyah dan semua dakwah selama Ramadhan berlangsung,” tutur Ketua PMI Pusat ini.

JK berharap pelaksanaan Ramadan tahun ini berlangsung dengan baik, tenang, dan memberikan rahmat untuk semua dalam menjalankan ibadah di bulan penuh berkah.

“Semoga kita semua diberikan limpahan rahmat dan hidayah memasuki hingga selesai bulan Ramadan,” harap JK. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs