Minggu, 28 April 2024

Ramadan Berkah Bagi Pedagang di Wisata Religi Sunan Ampel, Bisa Untung Dua Kali Lipat

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Salah satu pedagang berbagai jenis kurma di kawasan Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya. Foto: azwa magang suarasurabaya.net

Ramadan bulan yang istimewa bagi umat Islam, akan segera datang. Berbagai persiapan untuk menyambut bulan penuh keberkahan pun mulai dilakukan.

Mulai dari megengan, ziarah makam, hingga mempersiapkan pernak-pernik, serta makanan khas Ramadan.

Wisata Religi Sunan Ampel menjadi salah satu tujuan saat memasuki bulan Ramadan, khususnya di Surabaya.

Tidak hanya terkenal akan wisata religinya, tetapi juga ada berbagai kurma, baju muslim, hingga perlengkapan salat yang siap diserbu oleh ribuan pengunjung dan jemaah yang hadir.

Yaqin, salah seorang pedagang kurma mengatakan, penjualan kurmanya bisa meningkat dua kali lipat ketika memasuki bulan Ramadan.

“Kalau hari-hari biasa, (penjualannya) bisa habis 20 karton. Kalau mendekati Ramadan, bisa sampai meningkat dua kali lipat,” ujar Yaqin kepada suarasurabaya.net, Minggu (10/3/2024).

Aneka ragam jenis kurma yang bisa tersedia di kawasan Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya. Foto: azwa magang suarasurabaya.net

Dia menjelaskan penghasilan yang didapatkannya saat ini bisa mencapai jutaan rupiah per hari. Angka ini akan terus meningkat saat Ramadan.

“Itu biasanya yang paling laris Kurma Halawi dengan harga per kilogramnya Rp40.000,” katanya.

Hal serupa juga diungkapkan Heri, salah seorang pedagang baju muslim. Ia menyatakan bahwa puncak pengunjung biasanya jatuh saat malam Nuzulul Quran, pada pekan ketiga sampai keempat Ramadan.

Berbagai jenis peci yang bisa Anda beli di kawasan Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya pada Minggu (10/3/2024). Foto: azwa magang suarasurabaya.net

Dia mengungkapkan bahwa intensitas jumlah pengunjung tahun ini lebih ramai dibandingkan Ramadan tahun lalu.

“Alhamdulillah tahun ini sudah balik ramai lagi. Kalau dibandingkan tahun kemarin, sepi banget. Bahkan pada saat itu ada beberapa pedagang yang tutup sementara,” ungkapnya.

Jika Anda ingin membeli pernak-pernik khas Ampel, disini juga tersedia berbagai jenis parfum, tasbih, anting, gelang, hingga cincin.

Hasan salah seorang pedagang perhiasan menjelaskan, sejak bulan Syakban kemarin pendapatan yang ia hasilkan bisa mencapai satu hingga dua juta Rupiah per harinya.

“Kalau sekarang karena banyak orang yang baisanya mau ziarah makam kayak sekarang, banyak pembeli yang mampir buat beli tasbih,” ujarnya.

Dirinya membeberkan harga tasbih dipatok mulai dari Rp10.000 hingga Rp150.000, tergantung bahan dan kualitas. (azw/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs