Kamis, 2 Mei 2024

Kemenag Salurkan 34 Ribu Mushaf Al Quran dan Yasin ke 34 Provinsi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Distribusi Mushaf Al Quran dan Surah Yasin ke berbagai provinsi di Indonesia. Foto: Kemenag

Unit Percetakan Al Quran (UPQ) Kementerian Agama menyalurkan 34.000 eksemplar Mushaf Al Quran dan Surah Yasin ke-34 provinsi di Indonesia dalam upaya peningkatan literasi masyarakat terhadap kitab suci.

“Nantinya, Kanwil Kemenag Provinsi yang akan mendistribusikan secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Jamaluddin Kepala UPQ Kemenag seperti dilaporkan Antara, Selasa (12/3/2024).

Jamaluddin mengatakan jumlah tersebut terdiri atas 17.000 Mushaf Al Quran dan 17.000 Surah Yasin. Paket Mushaf Al Quran dan Surat Yasin dikirim dari UPQ ke masing-masing provinsi pada 11 Maret 2024. Setiap provinsi menerima 500 Mushaf Al Quran dan 500 Surah Yasin.

Kepada penerima Mushaf Al Quran dan Surah Yasin di Kanwil Kemenag Provinsi, Jamaluddin berpesan agar memerhatikan penempatan dan penyimpanan Al Quran.

Sesuai petunjuk teknis bantuan dan pendistribusian produk unit percetakan Al Quran penyimpanan Al Quran di tempat yang bersih dan suci, serta ditempatkan di posisi paling atas dengan jarak minimal 30 cm dari permukaan tanah.

“Pemindahan Al Quran dari gudang penyimpanan ke lokasi lain juga harus mematuhi aturan syar’i, di mana dilarang untuk membanting dan merusaknya,” kata Jamaluddin.

Ia juga berharap sesampainya di Kanwil Kemenag Provinsi, Mushaf Al Quran dan Surah Yasin bisa segera didistribusikan kepada yang membutuhkan.

Menurutnya, ketersediaan Mushaf Al Quran sangat penting dalam meningkatkan literasi di masyarakat.

“Kami melihat bahwa jumlah ketersediaan mushaf Al Quran berpengaruh pada tingkat literasi Al Quran. Wilayah dengan jumlah mushaf yang cukup cenderung memiliki persentase buta huruf Al Quran yang lebih rendah,” katanya.(ant/iss/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs