Minggu, 28 April 2024

Kemenkominfo Menilai Warga Indonesia Optimistis dalam Penggunaan AI

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi kecerdasan buatan (AI). Foto: Freepik

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengemukakan, warga Indonesia termasuk yang optimistis dalam hal penggunaan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

“Negara Indonesia warganya termasuk yang paling optimis dalam hal penggunaan AI,” kata Nezar Patria Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) sebagaimana dikutip Antara pada Senin (5/2/2024).

Dia menyampaikan, perusahaan rintisan yang terus tumbuh sehingga jumlahnya sekarang menjadi 198 menunjukkan kesiapan Indonesia menggunakan AI.

Menurut dia, banyaknya perusahaan rintisan yang menggunakan teknologi AI dalam penyelenggaraan layanan di Indonesia menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia memiliki potensi besar untuk menggunakan dan mengembangkan AI.

Dalam Ministers’ Closed Consultations on the Interim Report of the UNSG’s High Level Advisory Body on AI yang berlangsung di Slovenia, Minggu (4/2/2024), Nezar​​​​​​ menyampaikan bahwa kementerian punya program-program unggulan untuk membina perusahaan-perusahaan rintisan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI antara lain menjalankan program “1000 Startup Digital” dan “Startup Studio Indonesia” untuk mendampingi dan membantu pengembangan perusahaan rintisan.

Selain itu, pemerintah menyiapkan HUB.ID untuk menjembatani hubungan pengelola perusahaan rintisan atau startup dengan calon investor.

Nezar menyebutkan beberapa startup digital jebolan program-program tersebut, antara lain Feedloop AI, Evermos, dan eFishery.

Dalam pertemuan tentang AI di Slovenia, Nezar juga membahas mengenai pemanfaatan AI hingga Internet of Things (IoT) sebagai solusi bagi layanan masyarakat.

Indonesia menyampaikan komitmen untuk membantu mendorong tata kelola AI yang bijak dan inklusif dalam forum global tentang Etika AI yang berlangsung di Slovenia pada 5 dan 6 Februari 2024. (ant/azw/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs