Selasa, 30 April 2024

Kemensos Akan Bangun Lebih Banyak Lumbung Sosial di Wilayah Rawan Bencana

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tri Rismaharini Menteri Sosial (tengah) saat meninjau lokasi tanah longsor di Kecamatan Makele, Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (17/4/2024). Foto: Istimewa

Tri Rismaharini Menteri Sosial (Mensos) akan membangun lebih banyak lumbung sosial di beberapa wilayah yang menjadi titik rawan bencana, guna mempercepat penyaluran logistik bagi warga terdampak.

“Berdasarkan pengalaman saya dalam penanganan bencana di Sulawesi ini memang harus ada treatment (perlakuan–red) khusus,” kata Mensos di Kecamatan Makele, Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan pada Rabu (17/4/2024).

Pasalnya, ia menilai jalan di Sulawesi umumnya melintasi perbukitan dengan lebar lajur yang relatif sempit. Oleh karena itu, ketika terjadi longsor, jalan yang tersedia tertimbun tanah maupun bebatuan sehingga menghambat distribusi bantuan.

“Tidak bisa buffer stock (persediaan bantuan–red) hanya tersedia di Pemda. Mengambil contoh kasus saat longsor di Luwu, akses jalan tertutup longsor sehingga bantuan dari Pemda tidak bisa disalurkan,” jelasnya.

Karena itulah, mantan Wali Kota Surabaya itu mengatakan kalau Kementeriannya bakal membangun lumbung sosial yang lokasinya tersebar.

Sebaran lokasi lumbung sosial tersebut tidak hanya terpusat di pusat pemerintahan seperti ibu kota kabupaten, namun juga di beberapa titik yang menjadi wilayah rawan bencana, baik di tingkat kecamatan atau desa guna mempercepat distribusi bantuan.

Sebagai contoh, ia menyebutkan Kementerian Sosial membangun lumbung sosial di wilayah Papua yang bekerja sama dengan gereja dan masjid untuk penitipan buffer stock.

Menurutnya, gereja atau masjid merupakan sumber paling dekat dengan komunitas sehingga masyarakat dapat segera mengakses bantuan dasar saat terjadi bencana.

Hingga saat ini, ia mengatakan Kementerian Sosial telah membangun lebih dari 600 lumbung sosial yang tersebar di wilayah rawan bencana di seluruh Indonesia.

“Masyarakat tidak akan takut kelaparan, karena sudah ada lumbung. Mereka bisa mandiri,” ujarnya.

Sebagai informasi, bencana alam tanah longsor terjadi di Kecamatan Makale Selatan Kabupaten Tana Toraja pada, Sabtu (13/4/2024) sekitar pukul 23.00 WIB akibat hujan deras. Bencana alam tersebut menyebabkan 20 orang meninggal dan semuanya sudah ditemukan serta dimakamkan. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
29o
Kurs