Senin, 29 April 2024

Korea Utara Akan Perkuat Pasukan AL untuk Persiapan Perang

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kim Jong Un Pemimpin Korea Utara (kiri depan) meninjau galangan kapal di Nampo, Korea Utara. Foto: Antara/ Kyodo

Kim Jong Un Pemimpin Korea Utara (Korut) menekankan akan memperkuat pasukan angkatan laut (AL) negaranya untuk meningkatkan persiapan perang.

Melansir Antara, Jumat (2/2/2024), hal itu disampaikan saat melakukan kunjungan ke galangan kapal di kota Nampo bagian barat, di tengah situasi Pyongyang yang berulang kali mengecam pengiriman kapal selam bertenaga nuklir Amerika Serikat (AS) ke Korea Selatan baru-baru ini.

“Kim menekankan bahwa memperkuat industri pembuatan kapal negara itu adalah jaminan dan prasyarat penting untuk menerapkan kebijakan Partai Buruh Korea yang berkuasa dalam membangun pertahanan nasional dan perekonomian,” kata kantor berita KCNA milik pemerintah Korea Utara.

Tidak disebutkan kapan Pemimpin Korea Utara itu mendatangi galangan kapal tersebut. Namun, diketahui Kim mendapatkan laporan rinci mengenai pembuatan beberapa kapal perang dan meminta penyelesaian rencana pertahanan nasional lima tahun mulai 2021, yang mencakup pengembangan kapal selam nuklir.

Minggu lalu, Kim bersama pejabat senior AL dan petinggi Partai Buruh juga meninjau uji tembak rudal jelajah strategis yang diluncurkan dari kapal selam.

Kim juga mengarahkan tugas-tugas yang harus diselesaikan terkait pembangunan kapal selam bertenaga nuklir, dan kapal perang tipe baru lainnya. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs