Minggu, 5 Mei 2024

Kronologi Kecelakaan Bus Harapan Jaya di Tol Mojokerto: Hindari Mobil yang Menghindari Pecahan Ban

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Bus Harapan Jaya mengalami kecelakaan hingga terperosok ke luar jalan Tol Mojokerto arah Surabaya, tepatnya di KM 719, pada Kamis (18/1/2024). Foto: Istimewa

Imam SR Kanit PJR Jatim 3 mengatakan kecelakaan di KM 719 Tol Mojokerto, Kamis (18/1/2024) pagi terjadi karena Bus Harapan Jaya menghindari mobil di depannya yang melambatkan laju.

“Semula kendaraan mobil Mitsubishi Kuda bernopol N 1866 AV mengalami pecah ban dan menepi di bahu jalan untuk mengganti ban. Mobil Brio yang melaju searah di belakang Kuda, mengurangi kecepatan untuk menghindari pecahan ban yang ada di lajur kiri,” kata Imam melalui pesan teks.

Dia melanjutkan, pada saat yang hampir bersamaan, Bus Harapan Jaya bernopol AG 7639 US yang melaju dengan kecepatan tinggi, searah di belakang mobil Brio, tidak bisa menguasai kemudi hingga oleng ke kanan.

Bus Harapan Jaya mengalami kecelakaan hingga terperosok ke luar jalan Tol Mojokerto arah Surabaya, tepatnya di KM 719, pada Kamis (18/1/2024). Foto: Istimewa

“Diduga pengemudi bus kurang konsentrasi dan kurang menjaga jarak aman sehingga terjadi kecelakaan lalu lintas,” ujarnya.

Bus berpenumpang 14 orang itu pun menabrak pembatas beton tengah tol, lalu oleng ke kiri menabrak mobil Kuda yang sedang mengganti ban di bahu jalan, lanjut menabrak guardrill pembatas kiri tol, lalu lompat terjun ke median jalan. Posisi terakhir menghadap ke utara di median jalan kiri tol.

Mobil Kuda yang ditabrak Bus Harapan Jaya di jalan Tol Mojokerto arah Surabaya, tepatnya di KM 719, pada Kamis (18/1/2024). Foto: Istimewa

Akibat kecelakaan ini pengemudi bus dan dua penumpang bus mengalami luka ringan. Sebanyak 12 orang penumpang lainnya selamat dan dalam kondisi sehat.

Sementara pengemudi mobil Mistubishi Kuda dan dua penumpangnya juga selamat.

Bus akan dievakuasi menggunakan derek dan mobil Kuda dibawa ke Pos Polisi Wika. Penanganan hukum selanjutnya akan dilimpahkan ke Unit Gakkum Saltantas Resor Gresik.(iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs