Selasa, 30 April 2024

Lee Hsien Loong PM Singapura Mengundurkan Diri pada 15 Mei 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Lee Hsien Loong yang berusia 72 tahun, menjabat Perdana Menteri Singapura sejak 12 Agustus 2024. Foto: Reuters

Lee Hsien Loong Perdana Menteri Singapura menyatakan pengunduran dirinya terhitung pada 15 Mei 2024. Hal itu memberi waktu transisi selama satu bulan sebelum perdana menteri baru dilantik.

Dilansir dari Antara pada Senin (15/4/2024), Lee akan merekomendasikan Lawrence Wong Deputi Perdana Menteri untuk menjadi perdana menteri baru kepada Tharman Shanmugaratnam Presiden Singapura.

“Lee Hsien Loong akan secara formal mengusulkan ke Presiden supaya menunjuk Deputi Perdana Menteri sekaligus Lawrence Wong Menteri Keuangan untuk menggantikannya,” jelas pernyataan resmi kantor Perdana Menteri Singapura.

Wong, menurut kantor PM, mendapatkan dukungan penuh dari seluruh anggota Parlemen Singapura dari Partai Aksi Rakyat (PAP) yang membentuk pemerintahan Singapura saat ini.

PAP menguasai 79 dari 104 kursi Parlemen Singapura. Sehingga, siapa pun yang mereka dukung menjadi perdana menteri sudah dijamin mendapat dukungan mayoritas di Parlemen.

Seluruh perdana menteri Singapura sejak kemerdekaan negara tersebut hingga saat ini adalah anggota PAP, dan Wong sendiri adalah wakil sekretaris jenderal partai itu.

Perdana menteri yang baru akan dilantik oleh Shanmugaratnam Presiden pada 15 Mei 2024 di Istana Negara Singapura pukul 08.00 pagi waktu setempat, demikian pernyataan itu.

Meski demikian, pernyataan tersebut tidak menjelaskan alasan pengunduran diri Lee yang pada 2024 berusia 72 tahun dan memasuki tahun ke-20 menjabat sebagai perdana menteri.

Sepanjang sejarah negaranya, Singapura baru melaksanakan transisi kepala pemerintahan sebanyak dua kali sejak kemerdekaannya dari Malaysia pada 1965.

Lee Kuan Yew, Perdana Menteri pertamanya, menjabat selama 31 tahun dari 1959 hingga 1990. Dari tahun 1959 hingga 1965, Lee memimpin sebagai kepala wilayah Singapura saat masih menjadi bagian dari Federasi Malaysia.

Menyusul pengunduran dirinya, Lee digantikan Goh Chok Tong, wakil perdana menterinya, sebagai perdana menteri kedua Singapura yang menjabat dari 1990 hingga 2004. Goh kemudian digantikan oleh Lee Hsien Loong, yang menjabat dari 2004 hingga Mei mendatang.

Mengingat pentingnya peran Lee Kuan Yew dalam perkembangan Singapura, Lee Hsien Loong menunjuknya sebagai Menteri Mentor yang bertugas mengawasi transisi kepemimpinan Singapura di dalam kabinetnya dari tahun 2004 hingga 2011. Lee Hsien Loong sendiri adalah anak dari Lee Kuan Yew.

Dengan demikian, peralihan jabatan dari Lee ke Wong pada 15 Mei mendatang akan menjadi transisi ketiga kepala pemerintahan di negara itu.(ant/azw/saf/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs