Rabu, 1 Mei 2024

Marsekal Tonny Harjono Resmi Menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Udara

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden melantik Marsekal Madya (Marsdya) TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) di Istana Negara Jakarta, Jumat (5/4/2024). Foto: Antara

Joko Widodo Presiden RI, siang hari ini, Jumat (5/4/2024), melantik Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20/TNI/2024 tentang pengangkatan Marsekal Madya Tonny Harjono sebagai KSAU, dan pemberhentian dengan hormat Marsekal Fadjar Prasetyo yang sudah memasuki masa purna tugas di militer.

Merujuk Pasal 53 Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (TNI), prajurit melaksanakan dinas keprajuritan sampai usia paling tinggi 58 tahun buat perwira, serta 53 tahun untuk bintara dan tamtama.

Dalam sumpah jabatan yang dipandu Jokowi Presiden, Tonny Harjono berikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Tonny juga akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti kepada bangsa dan negara.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucapnya.

Seiring dengan jabatan barunya sebagai KSAU, Tonny Harjono mendapat kenaikan pangkat satu tingkat menjadi Marsekal TNI.

Sekadar informasi, Marsekal TNI Tonny Harjono adalah lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1993.

Dia pernah bertugas sebagai ajudan Jokowi Presiden tahun 2014-2016, dan Sekretaris Militer Presiden tahun 2020.

Sesudah itu, Tonny Harjono menjabat Panglima Komando Operasi Udara Nasional, dan mulai Desember 2023 menjadi Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
28o
Kurs