Selasa, 18 Juni 2024

Masjid Al Akbar Siapkan Ribuan Porsi Makanan Buka Puasa untuk Jemaah Setiap Harinya

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Penerimaan nasi kotak dari pihak katring untuk masyarakat berbuka bersama di Masjid Al Akbar Surabaya, Kamis (14/3/2024). Foto: Firman Magang suarasurabaya.net

Beragam program dan kegiatan telah disiapkan Masjid Nasional Al Akbar Surabaya untuk menyambut bulan suci Ramadan. Tidak hanya menggelar Festival Ramadan Generasi Z Islam (Genzi), Masjid Al Akbar juga rutin menyiapkan takjil serta makanan untuk jemaah berbuka puasa.

“Rutin setiap tahun ada buka bersama gratis untuk yang hadir,” ucap Helmy M Noor Humas Masjid Nasional Al Akbar Surabaya saat ditemui suarasurabaya.net, Kamis (14/3/2024).

Helmy mengatakan untuk tahun ini Al Akbar menggunakan pihak katring untuk menyiapkan makanan buka puasa itu. Beda dengan tahun sebelum-sebelumnya yang dibarengi dengan dapur umum.

Untuk jumlah, lanjutnya, setiap hari disediakan makanan dan takjil dari pihak catring sekitar 2.000 porsi. Total ada 20 katring supaya menu yang diberikan kepada jemaah berbeda-beda setiap harinya.

“Jumlah takjil dan makanan yang disediakan ada 2.000 lebih, kalau ada event porsinya ditambah lagi, mungkin 2.500-3.000 porsi,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Hasniah Khasana Pembina Keluarga Sakinah juga menyampaikan, pembagian nasi kotak untuk buka bersama di Masjid Al Akbar Surabaya hanya untuk jemaah yang datang. “Untuk jemaah yang mengikuti Ngaju Ngabuburit, Khotmil Quran, dan Jemaah Salat Maghrib,” paparnya.

Pemberian takjil dan makanan buka puasa akan dilakukan saat Ngaji Ngabuburit dimulai, setiap jam 15.30-17.15 WIB.

“Untuk pertama kali kita bagi (makanan) sebelum Maghrib. (Karena) melihat tahun sebelumnya jika dibagi waktu Magrib, membuat antrian tidak terkontrol,” pungkas Hasniah. (man/bil/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 18 Juni 2024
28o
Kurs