Senin, 6 Mei 2024

Menag: Idulfitri Momen Memperkokoh Persatuan Usai Pemilu 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama ketika ditemui media usai Shalat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (10/4/2024). Foto: Antara

Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama (Menag) mengatakan momen Idulfitri 1445 Hijriah dapat menjadi keberkahan bagi Indonesia dan memperkokoh kesatuan dan persatuan bangsa usai kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Alhamdulillah mudah-mudahan menjadi keberkahan bagi kita semua, keberkahan bagi Indonesia dan menjadi wujud memperkokoh persatuan kita semua sebagai bangsa setelah melalui kontestasi politik yang luar biasa,” ujar Menag usai Shalat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (10/4/2024) dilansir Antara.

Dalam kesempatan itu, Yaqut juga menyampaikan harapan momentum Idulfitri dapat menjadi titik balik dari semua perbedaan-perbedaan di antara masyarakat.

“Setelah sebulan kita menjalani ujian di bulan Ramadhan, kita semua lulus. Diwisuda menjadi wisudawan, wisudawati terbaik dan Indonesia menyambut kemajuan dan kekuatannnya,” kata Menag Yaqut.

Menag Yakut menyampaikan hal tersebut usai menjalani Shalat Id di Masjid Istiqlal yang dimulai pada pukul 07.00 WIB, yang dihadiri juga oleh Joko Widodo Presiden RI dan Ma’ruf Amin Wakil Presiden (Wapres).

Selain itu, beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju juga melaksanakan Shalat Id di Masjid Istiqlal, termasuk Ida Fauziyah Menteri Ketenagakerjaan, Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan, dan Bahlil Lahadalia Menteri Investasi.

Ditemui usai shalat, Bahlil mengatakan pihaknya bersyukur dapat menjalankan shalat bersama Presiden dan Wapres di Masjid Istiqlal.

Dalam momen Lebaran itu juga dia mengajak semua pihak untuk saling memaafkan setelah kontestasi politik beberapa bulan sebelumnya.

“Politik sudah selesai, mari kita sama-sama ada perbedaan pilihan, ada tutur kata yang kurang pas, tidak berkenan. Di hari Idulfitri ini kita harus saling memaafkan,” ujarnya. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
31o
Kurs