Kamis, 13 Juni 2024

Jokowi Presiden dan Ma’ruf Amin Wakil Presiden Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden dan Ma'ruf Amin berada di barisan depan Salat Idulfitri 1445 Hijriah, Rabu (10/4/2024), di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden dan Ma’ruf Amin Wakil Presiden, hari ini, Rabu (10/4/2024), melaksanakan Salat Idulfitri 1445 Hijriah, di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Ini merupakan momen terakhir Jokowi dan Kiai Ma’ruf merayakan lebaran sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024.

Pantauan suarasurabaya.net, penjagaan di Masjid Istiqlal diperketat. Setiap orang yang akan masuk ke masjid harus melewati pemeriksaan oleh Tim Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Nantinya, akan hadir juga sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, kepala lembaga dan perwakilan negara-negara sahabat.

Jokowi Presiden dan Ma’ruf Amin Wakil Presiden hadir di Masjid Istiqlal untuk melaksanakan Salat Idulfitri 1445 Hijriah, Rabu (10/4/2024). Foto: Farid suarasurabaya.net

Nasaruddin Umar Imam Besar Masjid Istiqlal mengatakan, pihaknya menyiapkan tempat untuk 250 ribu orang yang akan Salat Idulfitri 1445 Hijriah.

Kapasitas bisa ditambah lagi dengan memanfaatkan lapangan yang ada di lingkungan masjid terbesar kawasan Asia Tenggara.

Untuk tempat parkir, Nasaruddin bilang pihaknya sudah menyiapkan sejumlah tempat seperti parkir khusus tamu VVIP, VIP, dan parkir jemaah dengan kapasitas mencapai 1.000 unit mobil.

Selain itu, pihak Masjid Istiqlal juga berkoordinasi dengan sejumlah kantor di sekitar lokasi kalau butuh tempat parkir tambahan.

Ribuan Umat Islam yang ingin melaksanakan Salat Idulfitri sudah memadati Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2024). Foto: Farid suarasurabaya.net

Alasan membuka kapasitas untuk banyak jamaah mempertimbangkan banyaknya jemaah yang mengikuti kegiatan iktikaf. Bahkan, bisa mencapai 50 ribu orang dalam satu malam.

Sekadar informasi, Salat Idulfitri akan dipimpin Ahmad Husni Ismail Imam Harian Masjid Istiqlal, dan Prof Dr KH Abdul A’la Basyir Rais Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) selaku khotib.

Tema khotbah Idulfitri di Masjid Istiqlal tahun ini yaitu Memperkuat Kebersamaan dengan Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa.(rid/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 13 Juni 2024
25o
Kurs