Minggu, 28 April 2024

Menkes Dorong Pemerataan FK di Indonesia untuk Penuhi Kebutuhan Dokter

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan (Menkes) bersama Haedar Nashir Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan Sukadiono Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya saat berada di UM Surabaya, Sabtu (9/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan (Menkes) menyebut Indonesia saat ini masih kekurangan sekitar 150.000 dokter umum akibat keberadaan Fakultas Kedokteran (FK) yang tidak merata.

“Dokter umum kita masih kurang 150.000 orang. Fakultas kedokteran kita ada 92, tapi tidak merata di seluruh Provinsi. Akibatnya pemenuhan dokter di provinsi susah,” ucapnya saat berada dalam peresmian Gedung At-Ta’awun dan Groundbreaking Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) di Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, pada Sabtu (9/3/2024).

Oleh karena itu, ia mendorong pemerataan Fakultas Kedokteran di Indonesia. Ia juga menghaturkan rasa terima kasih atas hadirnya Fakultas Kedokteran yang mendukung perkembangan ilmu kesehatan.

“Kita jadikan Fakultas Kedokteran di Muhammadiyah sebagai Fakultas Kedokteran masa depan, menjadi yang terdepan, saya percaya FK Muhammadiyah bisa karena semua telah terintegrasi dengan baik,” ujarnya.

Ia mengatakan, Muhammadiyah memiliki peranan besar untuk meningkatkan derajat kesehatan di Indonesia, karena Muhammadiyah memiliki 171 perguruan tinggi dan 125 rumah sakit.

“Muhammadiyah kuat dalam sisi bidang kesehatan dan pendidikan. Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi bangsa Indonesia,” katanya.

Kesehatan dan pendidikan menurutnya, menjadi komponen penting untuk kemajuan bangsa. Sehingga harus terus diupayakan, apalagi Indonesia akan menghadapi puncak bonus demografi pada tahun 2030-2035 yang merupakan kesempatan besar untuk menjadi negara maju.

“Masa depan bangsa Indonesia berhasil atau tidak, adalah tanggung jawab dan perannya besar sekali. Jadi, kalau bisa saling bekerja sama untuk Fakultas Kedokteran, kita akan sangat membantu akses layanan kesehatan,” pungkasnya.(ris/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs