Rabu, 19 Juni 2024

Menkopolhukam Masih Upayakan Pembebasan Pilot Susi Air yang Disandera OPM

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Philip Mark Merthens pilot Susi Air yang disandera sejak tanggal 7 Februari 2023 lalu oleh OPM.

Hadi Tjahjanto Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan mengatakan, upaya pembebasan sandera seorang pilot berkebangsaan Selandia Baru dari tangan OPM masih terus dilakukan.

Upaya pembebasan Philip Mark Merthens itu dilakukan melalui pendekatan soft approach dengan terus melakukan koordinasi dengan tokoh-tokoh yang ada di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

“Koordinasi itu dilakukan agar sandera yang berprofesi sebagai pilot di Susi Air dapat segera dibebaskan,” kata Hadi Tjahjanto Menkopolhukam di Jayapura, Kamis (30/5/2024) dilansir Antara.

Dikatakan, hingga kini masih dilakukan dialog agar dapat mewadahi apa yang menjadi keinginan kita sekaligus membebaskan sandera dengan selamat.

“Doakan saja agar apa yang kami lakukan dapat membebaskan pilot Susi Air yang sudah ditawan lebih dari setahun,” harapnya.

Untuk diketahui, Philip Mark Merthens pilot Susi Air disandera sejak tanggal 7 Februari 2023 lalu sesaat setelah mendaratkan pesawatnya di lapangan terbang Paro.

Selain menyandera pilot berkebangsaan Selandia Baru, OPM juga membakar pesawat milik Susi Air yang dikemudikannya.

Terkait nomenklatur penyebutan OPM atau KKB, Menkopolhukam mengakui pihaknya sudah melakukan pembicaraan dengan instansi terkait karena tujuan adalah bagaimana menyelesaikan permasalahan di daerah ini. Nomenklaturnya dilakukan dan koordinasikan, tinggal nanti keputusan.

“Tidak ada perbedaan dalam pola penanganan terhadap OPM atau KKB karena TNI-Polri yang menggunakan pendekatan kesejahteraan dan operasi penegakan hukum,” jelas Hadi Tjahjanto. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 19 Juni 2024
28o
Kurs