Sabtu, 27 April 2024

Minat Berpergian di Jepang Meningkat, VFS Global Buka Japan Visa Application Center di Surabaya

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Takeyama Kenichi Konsul Jenderal Jepang di Surabaya dan Kaushik Ghosh, Head Australasia, VFS Global waktu meresmikan JVAC Surabaya di Graha Bukopin, Kamis (28/3/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Japan Visa Application Center (JVAC) resmi dibuka di Kota Surabaya, Kamis (28/3/2024). Pembukaan JVAC oleh VFS Global di Graha Bukopin, Surabaya ini merespon atas tingginya minat berpergian warga Indonesia ke Negara Jepang dalam setahun terakhir.

Kaushik Ghosh, Head Australasia, VFS Global mengatakan masyarakat Indonesia khususnya Jawa Timur sering berpergian ke Jepang.

“Data dari Konsultan Jepang juga menunjukkan sebagian besar bahwa banyak sekali pariwisata dan pelajar yang berangkat ke Jepang untuk itu VFS Global bersama Konsultan Jepang bekerja sama membuka JVAC ini,” katanya, Kamis (28/3/2024).

JVAC di Kota Surabaya merupakan lokasi ke lima yang diresmikan. Sebelumnya mereka sudah beroperasi di empat wilayah, antara lain di Kota Denpasar Bali, Medan Sumatra Utara, Makassar Sulawesi Selatan, dan Jakarta.

“Pembukaan baru ini tujuannya untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi karena tadi ada peningkatan permintaan untuk berpergian di Jepang dan di sini konternya ada banyak jadi bisa membantu melayani lebih banyak orang,” jelasnya.

Sebelumnya, loket di bagian visa kantor Konsulat Jepang hanya memiliki dua loket saja. Namun setelah adanya JVAC Surabaya akan memiliki delapan loket permohonan dan dua loket pengambilan.

“Harapannya untuk membantu lebih banyak lagi orang di Indonesia Timur untuk aplikasi visa. Selain itu juga ada beberapa titik drop box seperti di Malang, Banjarmasin, dan Balik Papan. Jadi orang-orang hanya perlu menaruh di drop box dan dikirim ke Surabaya,” ujarnya.

Sementara itu Takeyama Kenichi Konsul Jenderal Jepang di Surabaya mengatakan masyarakat bisa langsung datang ke JVAC Surabaya untuk pembuatan visa karena sudah ada pelayanan maksimal. Ia menyebut kunjungan ke Jepang sangat didominasi oleh pariwisata.

“Sekarang yang dominan kunjungan ke Jepang pariwisata sekitar 30 persen. Sedangkan pelajar sendiri naiknya signifikan tapi tidak lebih dari 30 persen,” katanya.

Nantinya, JVAC Surabaya mulai beroperasi mulai tanggal 1 April 2024. Jam operasional pun akan ditambah mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB untuk pelayanan visa secara perorangan. Sementara untuk layanan agen travel dibuka pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

Selain itu, layanan tambahan akan disediakan dari pihak VFS Global dengan dikenakan biaya. Seperti layanan pengisian formulir aplikasi, fotokopi, notifikasi status pemeriksaan melalui SMS, layanan kurir, layanan print-out dokumen, layanan perpanjangan waktu pengambilan hasil, dan premium lounge.

“Itu bisa langsung datang ke sini, kalau di Jakarta saya harus reservasi karena pengunjungnya banyak sekali. Tapi kalau di sini langsung bisa datang, lalu berkasnya dari pihak VFS bisa diambil di rumah lalu diantar ke sini,” ujar Takeyama.(wld/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs