Selasa, 30 April 2024

Open House Presiden-Wapres Sempat Diwarnai Kekisruhan, Istana Minta Maaf

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ratusan warga masyarakat berbaris rapi sebelum masuk ke dalam Istana Negara Jakarta untuk silaturahmi dengan Jokowi Presiden dan Ma'ruf Amin Wakil Presiden, Rabu (10/4/2024). Foto: Farid suarasurabaya.net

Kekisruhan dikabarkan sempat mewarnai momen griya atau open house yang digelar Joko Widodo Presiden dan Ma’ruf Amin Wakil Presiden di Istana Negara, Rabu (11/4/2024) kemarin.

Pada pukul 11.30 WIB, beberapa warga yang mengantre cukup panjang hingga mengular ke jalan, saling serobot untuk masuk ke dalam kompleks Istana, hingga menjebol pembatas. Warga pun memasuki kompleks Istana tanpa skrining terlebih dulu sehingga harus ditertibkan petugas.

Akhirnya kericuhan terjadi, warga yang tidak diperbolehkan masuk memilih menyerbu tenda pembagian sembako, yang sebetulnya diperuntukan untuk yang sudah bersalaman dengan Presiden.

Terkait kericuhan ini, Yusuf Permana Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden menyampaikan permohonan maaf karena belum bisa sepenuhnya mengakomodir antusiasme yang tinggi dari masyarakat.

Sebagaimana yang telah kami sampaikan sebelumnya, bahwa Kami pun ada keterbatasan waktu. Termasuk untuk Persiapan Salat Dzuhur. Kami Mohon maaf apabila tidak dapat mengakomodir semua kehadiran masyarakat,” jelas Yusuf Permana seperti dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Kamis (11/4/2024).

Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden itu berjanji akan menjadikan peristiwa ini sebagai hasil evaluasi kedepan, ketika menggelar acara serupa.

“Tentu saja hal tersebut akan menjadi evaluasi bagi kami untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ucapnya.

Sebagai informasi, Joko Widodo Presiden dan Ma’ruf Amin Wakil Presiden menggelar griya (open house), di Istana Negara, seusai melaksanakan Salat Idulfitri berjemaah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Pukul 08.30 WIB, ratusan warga masyarakat sudah diperbolehkan masuk ke area Istana Negara. Mereka berbaris membuat antrean untuk masuk bertemu Jokowi Presiden bersama Iriana Ibu Negara, serta Ma’ruf Amin Wakil Presiden dan Ibu Wury Estu Handayani.

Selama menjabat Presiden, Jokowi tercatat tiga kali menggelar open house pada momen Idulfitri, yaitu tahun 2017, 2019 dan 2024. Adapun Idulfitri tahun ini jadi lebaran terakhir Jokowi sebagai Preside,  dan Ma’ruf Amin Wakil Presiden masa tugas 2019-2024. (bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
30o
Kurs