Kamis, 30 Mei 2024

Pakuwon: Kebakaran di Proyek Bella Tower Padam dalam 30 Menit

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Petugas damkar kota Surabaya melakukan pengecekan ke lantai atas menggunakan alat bronto sky lift untuk memastikan api sudah padam di proyek pembangunan Apartemen Bella Tower Pakuwon City Surabaya, Rabu (21/2/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Sutandi Purnomosidi Direktur Marketing Pakuwon Group mengatakan kebakaran di proyek Apartemen Bella Tower Pakuwon City, Rabu (21/2/2024) padam dalam waktu 30 menit.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Pemkot Surabaya. Responnya cepat sekali dan dalam 30 menit semua sudah terkendali dan pekerjaan dilanjutkan lagi,” ucapnya saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Rabu siang.

Sutandi menjelaskan, api berasal dari korsleting di panel listrik yang menjadi sumber tenaga listrik untuk karyawan yang bekerja di proyek apartemen setinggi 40 lantai tersebut.

“Tadi sekitar pukul 08.30 WIB memang terjadi satu short circuit atau korsleting di panel listrik. Mengakibatkan kabelnya terbakar terus kemudian menjalar mulai dari panel di lantai enam,” kata dia.

Api menjalar ke lantai-lantai atas melalui kabel panel listrik. Tidak sampai ke bangunan lain, meski asapnya banyak.

Korsleting tersebut diduga karena ada kabel yang terkelupas sehingga menimbulkan percikan api. Selain itu, firefighting system di apartemen ini belum beroperasi karena masih dalam proses pembangunan. Begitu pula dengan instalasi hidran juga masih dalam proses pemasangan, sehingga petugas memadamkan api dengan mengambil air dari sungai terdekat.

Sebelumnya diberitakan, peristiwa kebakaran terjadi di sebuah proyek pembangunan apartemen Bella Tower Pakuwon City, Rabu (21/2/2024) sekitar pukul 08.00 WIB. Namun sekitar pukul 09.00 WIB lebih api tidak terlihat di luar bangunan apartemen. Bangunan yang terdampak rambatan api mencapai 13 lantai.(iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 30 Mei 2024
26o
Kurs