Kamis, 2 Mei 2024

Panglima TNI: Tidak Ada Korban Jiwa dalam Kebakaran Gudang Amunisi di Bogor

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Jenderal TNI Agus Subiyanto Panglima TNI ketika memberikan keterangan kepada awak media terkait penyebab kebakaran Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya. Foto: Antara

Jenderal TNI Agus Subiyanto Panglima TNI menyatakan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya, di Desa Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (30/3/2024) malam.

“Tidak ada. Tidak ada korban karena memang jauh dari permukiman masyarakat,” ujarnya dilansir Antara pada Minggu (31/3/2024).

Panglima TNI melanjutkan, tidak terdapat kesalahan manusia dalam kebakaran Gudmurah.

“Tidak, makanya tadi saya sampaikan bahwa Standar Operasional Prosedur (SOP) penyimpanannya karena memang amunisi tersebut labil jadi di dalam tanah, gitu, ya. Kemudian pakai tanggul karena mencegah kemungkinan tersebut (kebakaran atau ledakan),” ujarnya.

Lebih lanjut, dia menyebut pihaknya sudah mengantisipasi kebakaran di Gudmurah melalui SOP seperti tidak tersedianya listrik dalam gudang amunisi.

“Di dalam penggudangan itu tidak ada listrik. Jadi, memang steril, tidak ada kelistrikan, tidak ada karena itu memang sangat sensitif,” jelasnya.

Selain itu, dia mengatakan SOP lainnya adalah gudang amunisi memang didesain secara tertutup.

“Memang antisipasi meledak, itu sudah kami antisipasi, makanya kami buatnya di bungker, di bawah tanah, dan dipakai tanggul. Sehingga, aman kalau meledak,” katanya.(ant/saf/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs