Jumat, 3 Mei 2024

PBB Kecam Penghancuran Sistem Pendidikan Gaza oleh Israel

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Seorang sukarelawan berinteraksi dengan anak-anak selama kegiatan stimulasi dan bantuan psikologis di sebuah sekolah yang berafiliasi dengan Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) di Kota Khan Younis, Jalur Gaza selatan, 23 November 2023. Foto: Xinhua

Kelompok ahli independen di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengecam keras penghancuran sistem pendidikan Palestina secara sistematis yang dilakukan Israel di tengah agresi yang masih berlangsung di Jalur Gaza.

“Dengan lebih dari 80 persen sekolah di Jalur Gaza rusak atau hancur, amat wajar untuk mempertanyakan apakah memang ada upaya yang disengaja untuk secara sistematis menghancurkan sistem pendidikan di Palestina, atau ‘skolastisida,” terangnya dilansir Antara, Sabtu (18/4/2024).

Istilah skolastisida merujuk pada pemusnahan sistem pendidikan secara sistematis melalui penangkapan dan pembunuhan guru, siswa, dan staf sekolah, serta penghancuran infrastruktur pendidikan.

Selain itu, para ahli PBB mendesak Israel untuk menghormati hukum kemanusiaan dan hukum HAM internasional serta menjamin perlindungan institusi pendidikan, guru, maupun siswa.

“Kami juga mengingatkan Israel atas kewajibannya mematuhi putusan sementara Mahkamah Internasional (ICJ) pada 26 Januari,” kata kelompok ahli.

Kelompok ahli itu juga memperingatkan dampak jangka panjang atas penghancuran sistem pendidikan Gaza.

“Serangan tanpa henti dan tanpa perasaan Israel terhadap infrastruktur pendidikan di Jalur Gaza memiliki dampak jangka panjang yang mengerikan terhadap hak dasar individu untuk belajar dan mengekspresikan diri secara bebas,” katanya.

Hal tersebut juga akan merenggut masa depan generasi muda Palestina. “Ketika sekolah-sekolah hancur, impian dan cita-cita juga hancur,” kata tim ahli itu.

Dalam catatan tim tersebut menunjukkan bahwa selain sekolah, 195 situs warisan sejarah, 227 masjid, dan 3 gereja hancur akibat serangan Israel. Universitas Israa, kampus terakhir di Jalur Gaza yang luput dari agresi, hancur pada 17 Januari.

Disisi lain, serangan Israel tanpa henti turut menghancurkan gedung Arsip Pusat Gaza beserta isinya yang mencakup 150 tahun riwayat sejarah kawasan itu.

Kelompok ahli PBB itu memperingatkan bahwa tanpa jaminan keamanan untuk bersekolah, wanita dan anak perempuan akan semakin terancam bahaya, termasuk bahaya kekerasan gender.

“Serangan tersebut bukanlah insiden yang terisolasi. Serangan tersebut menunjukkan adanya pola sistematis yang bertujuan menghancurkan fondasi masyarakat Palestina,” demikian menurut tim ahli PBB. (ant/sya/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs