Senin, 24 Juni 2024

DK PBB Minta Kendala Penghambat Distribusi Bantuan ke Gaza Segera Dicabut

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
DK PBB mengesahkan resolusi yang menuntut semua pihak melakukan langkah-langkah mendesak untuk membuka akses kemanusiaan yang lebih luas, aman, dan tanpa hambatan ke Gaza. Foto: UN News

Dewan Keamanan (DK) PBB pada Kamis (11/4/224), menyerukan agar semua kendala yang menghambat pendistribusian bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza segera dicabut.

Melalui pernyataan, Dewan Keamanan menegaskan bahwa banyak yang harus dilakukan untuk membantu warga sipil di wilayah Palestina yang terisolasi tersebut.

Dilansir Antara dari kantor berita Palestina WAFA, Jumat (12/4/2024), para anggota dewan mendesak pendistribusian bantuan bisa dilakukan tanpa hambatan.

Para anggota juga menyatakan keprihatinan mendalam mereka atas serangan udara Israel yang menewaskan tujuh anggota organisasi kemanusiaan nirlaba World Central Kitchen.

Lebih lanjut para anggota juga menuntut agar semua pihak bertikai sepenuhnya menghormati status perlindungan pekerja kemanusiaan, fasilitas dan operasi berdasarkan hukum internasional, mematuhi pemberitahuan kemanusiaan dan mekanisme dekonfliksi, serta segera memperbaiki segala kekurangan dalam mekanisme tersebut.

“Serangan-serangan mengerikan ini menambah jumlah personel kemanusiaan yang terbunuh di Gaza selama konflik menjadi sedikitnya 224 orang, lebih dari tiga kali lipat jumlah pekerja bantuan kemanusiaan yang terbunuh dalam konflik apa pun dalam kurun waktu setahun,” menurut pernyataan tersebut.

Para anggota Dewan menggarisbawahi perlunya akuntabilitas atas semua insiden ini, menekankan bahwa perlu dilakukan investigasi penuh, transparan dan komprehensif dalam insiden World Central Kitchen, dan dipublikasi secara menyeluruh. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 24 Juni 2024
25o
Kurs