Senin, 29 April 2024

PBB: Lima Negara Tawarkan Personel Bantu Haiti Perangi Kekerasan Geng

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
PBB Alokasi 12 Juta Dolar AS Untuk Atasi Situasi Haiti Warga Haiti bentrok dengan tentara PBB saat mereka berpartisipasi dalam aksi unjuk rasa di Port-au-Prince, ibu kota Haiti, pada 8 Desember 2010. Foto: Antara

Lima negara telah berkomitmen untuk menyediakan personel bagi pasukan polisi internasional untuk membantu Haiti memerangi kekerasan geng, demikian disampaikan seorang juru bicara (jubir) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Melansir Antara, Sabtu (2/3/2024), Stephane Dujarric, kepala jubir Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres mengatakan badan dunia tersebut menerima konfirmasi resmi Benin terkait niat mereka untuk membantu misi Dukungan Keamanan Multinasional dengan mengerahkan 1.500 personel berseragam.

Sejauh ini, PBB telah menerima pemberitahuan niat dari lima negara. Empat negara lainnya yaitu Bahama, Bangladesh, Barbados, dan Chad.

Kenya merupakan negara pertama yang menyatakan niatnya untuk membantu kepolisian Haiti dengan mengerahkan 1.000 personel guna memulihkan hukum dan ketertiban di negara Karibia tersebut. Kendati demikian, pengadilan Kenya menghalangi langkah tersebut. Pihak pemerintah saat ini sedang mengajukan banding terkait keputusan itu.

Sementara itu, Dujarric mengatakan bahwa kontribusi sebesar 10,8 juta dolar AS (1 dolar AS = Rp15.715) telah diterima Haiti Trust Fund untuk membantu membiayai misi yang disahkan oleh Dewan Keamanan dan tambahan 78 juta dolar AS telah dijanjikan untuk Haiti Trust Fund.

“Kami mendorong negara-negara anggota untuk terus berkontribusi guna memastikan keberhasilan pelaksanaan misi ini,” kata Dujarric.

Sedangkan, pada Oktober 2023, Dewan Keamanan PBB mengadopsi sebuah resolusi untuk mengizinkan pasukan polisi multinasional di Haiti.

Resolusi itu memutuskan bahwa biaya pelaksanaan operasi sementara ini akan ditanggung oleh kontribusi sukarela dan dukungan dari masing-masing negara anggota dan organisasi regional. (ant/sya/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs