Selasa, 14 Mei 2024

Jovenal Moise Presiden Haiti Tewas Ditembak

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Jovenel Moise Presiden Haiti berbicara dalam konferensi pers tentang langkah-langkah terkait virus corona, di Istana Nasional di Port-au-Prince, Haiti (2/3/2020). Foto: Reuters/Andres Martinez Casares

Jovenal Moise Presiden Haiti ditembak mati oleh penyerang tak dikenal di kediaman pribadinya tadi malam. Claude Joseph Perdana Menteri Haiti dalam pernyataannya Rabu (7/7/2021) mengungkapkan, pembunuhan tersebut merupakan aksi tidak manusiawi dan barbar.

Istri Moise terluka dalam peristiwa itu dan mendapat perawatan medis.

Serangan itu terjadi di tengah meningkatnya gelombang kekerasan terkait politik di negara Karibia. Dengan situasi Haiti yang terpecah secara politik, ditambah krisis kemanusiaan dan kelangkaan makanan, ada kekhawatiran kekacauan makin meluas.

“Semua tindakan diambil untuk menjamin kelangsungan negara dan untuk melindungi bangsa,” kata Joseph mengutip Reuters yang dilansir Antara.

Suara tembakan terdengar di seluruh ibu kota. Port-au-Prince mencatat aksi kekerasan meningkat ketika geng-geng saling berperang dan polisi menguasai jalan-jalan.

Kekerasan itu dipicu oleh meningkatnya kemiskinan dan ketidakstabilan politik.

Moise telah menghadapi protes sengit sejak menjabat sebagai presiden pada 2017. Tahun ini oposisi menuduhnya berusaha memaksakan kediktatoran dengan melampaui mandatnya dan menjadi lebih otoriter. Tuduhan itu dibantah oleh Moise.(ant/tin/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
25o
Kurs