Senin, 29 April 2024

Pelindo Regional 3 Targetkan 107 Cruise Sandar di Wilayahnya Selama 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi kapal pesiar yang hendak sandar di salah satu pelabuhan Pelindo. Foto: Pelindo

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 menargetkan pada tahun 2024 ada sebanyak 107 kapal pesiar (cruise) yang singgah di wilayahnya. Pelindo optimistis target tersebut terpenuhi karena peningkatan layanan dan fasilitas pelabuhan yang sudah dilakukan selama 2023.

Karlinda Sari, Senior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 3 mengatakan, target 107 kapal pesiar dan arus penumpang mencapai 172.750 orang yang ditetapkan tahun ini meningkat tiga kali, dibandingkan target tahun 2023 yang hanya 33 kunjungan kapal pesiar.

“Target ini bukan tanpa alasan. Peningkatan fasilitas dan layanan di terminal yang mengimplementasi dari terminal internasional lain menjadi salah satu nilai tawar yang kami coba berikan kepada cruise yang akan sandar. Itu terbukti dengan sudah banyak cruise call yang masuk di awal tahun ini,” ujar Karlinda Sari dalam keterangannya yang diterima suarasurabaya.net, Kamis (7/3/2024).

Sejumlah faktor yang dinilai bisa mendongkrak kunjungan kapal pesiar secara signifikan di tahun 2024 di antaranya adalah peningkatan fasilitas pelabuhan seperti penyediaan mobile and telescopic gangway, hingga layanan handling luggage dan turn around passanger di terminal utama.

Karlinda menambahkan, pembangunan Bali Maritime Tourism Hub yang sudah memasuki tahap akhir juga menjadi daya tarik tambahan cruise untuk sandar. Terlebih, awal tahun lalu Pelindo sukses melayani turn around 4000 passenger (penumpang) dan handling luggage di Pelabuhan Benoa Bali.

Selain itu, selama 2023 Pelindo juga sukses melayani beragam cruise lines dengan rute Asia Pasific-Australia.

“Tahun 2023 menjadi salah satu momen terbaik kami ketika berhasil menyadarkan salah satu cruise ukuran jumbo Celebrity Solstice di Pelabuhan Benoa. Selain itu juga kami telah melakukan layanan turn around 4000 passanger awal tahun ini,” pungkas Karlinda Sari

Sebelumnya, selama 2023 Pelindo Regional 3 Sukses melayani 146 kunjungan kapal pesiar dari target 33 kunjungan kapal. Kemudian kunjungan kapal pesiar selama 2023 tercatat dengan traffic wisatawan sebanyak 191.438  orang. (bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs