Senin, 29 April 2024

Pendaftaran Beasiswa Pemuda Tangguh Dibuka Kembali, Ditargetkan Sentuh 3.500 Mahasiswa

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Pendaftaran beasiswa mahasiswa Pemkot Surabaya. Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya buka pendaftaran beasiswa Pemuda Tangguh untuk mahasiswa, targetkan Intervensi 3.500 mahasiswa.

Proses pendaftaran beasiswa ini sudah dibuka mulai 15 Januari hingga 4 Februari 2024 melalui laman online https://besmart.surabaya.go.id/.

Hidayat Syah Kepala Dinas Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya mengatakan, ingin mengentas kemiskinan dan memberikan akses pendidikan tinggi yang seluas-luasnya bagi keluarga miskin di Surabaya lewat beasiswa.

“Jadi, ini adalah investasi pendidikan Pemkot Surabaya dalam rangka menyiapkan generasi emas Surabaya,” kata Hidayat, Rabu (17/1/2024).

Target yang diintervensi melalui beasiswa tahun ini 3.500 mahasiswa, lanjutnya, meningkat dibanding tahun sebelumnya 3.200 mahasiswa.

“Dari target intervensi 3.500 mahasiswa, sampai saat ini kami sudah mengintervensi sebanyak 2.700 mahasiswa yang saat ini belum lulus dan masih aktif menerima beasiswa ini, sehingga di tahun 2024 ini, dalam dua semester (semester genap yang sedang berlangsung saat ini dan semester ganjil yang akan berlangsung pada bulan Agustus) pemkot akan menambah 800 mahasiswa yang akan diberikan intervensi,” tambahnya.

Syarat dan ketentuan pendaftaran beasiswa tersebut, yaitu harus ber-KTP Surabaya, Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN), tidak sedang mendapatkan beasiswa dari instansi lain, diprioritaskan untuk mahasiswa dengan keterbatasan ekonomi, dan mengisi form dan mengunggah file persyaratan melalui https://besmart.surabaya.go.id/.

“Pendaftaran kita mulai tanggal 15 Januari – 4 Februari 2024, lalu seleksi berkas akan dilakukan pada 5 – 15 Februari 2024, dan pengumuman pada 16 Februari 2024, kemudian registrasi ulang pada 20 – 23 Februari 2024. Untuk info lebih lanjut bisa WhatsApp ke nomor 082132870798,” katanya.

Beasiswa ini, lanjutnya, khusus mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang sudah bekerjasama dengan Pemkot Surabaya. Terdiri dari ITS, PENS, PPNS, UINSA, POLTEKKES, UNAIR, UNS, UNESA, UPN, Trunojoyo, ITB, Brawijaya, UGM, dan Universitas Terbuka.

Bagi yang lolos, akan mendapatkan bantuan biaya perkuliahan PTN (UKT semester) yang besarannya disesuaikan dengan biaya UKT masing-masing PTN dan dibayar setiap semester, lalu uang saku mahasiswa sebesar Rp500 ribu per bulan selama 10 bulan masa kuliah efektif, dan biaya penunjang perkuliahan sebesar Rp750 ribu setiap semester.

Ia mengajak seluruh pemuda Surabaya yang saat ini sedang menempuh pendidikan di kampus yang sudah bekerjasama dengan Pemkot Surabaya, segera mendaftarkan diri.

“Jangan lewatkan. Ayo segera daftarkan diri kalian,” pungkasnya. (lta/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
29o
Kurs