Senin, 29 April 2024

Pendaftaran UTBK-SNBT 2024 Dibuka, Unesa Siapkan 88 Prodi dengan Daya Tampung 44 Persen

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ilustrasi - Gedung Rektorat Unesa. Foto: Unesa

Pendaftaran Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) untuk Tes Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sudah dibuka pada 21 Maret hingga 5 April 2024.

UTBK tahun ini, dilaksanakan sama dengan tahun sebelumnya, yakni di 72 pusat UTBK, salah satunya di Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Sukarmin Kepala Subdirektorat Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Unesa mengatakan, Unesa dalam UTBK-SNBT sebagai PTN Akademik memiliki 78 prodi sarjana akademik (S1) yang tersedia. Selain itu, juga sebagai PTN yang memiliki 10 prodi sarjana terapan (D4).

“Total prodi yang bisa dipilih di Unesa yaitu 88 prodi. Rinciannya 78 prodi sarjana akademik dan 10 prodi sarjana terapan. Daya tampung Unesa jalur ini yaitu sebanyak 44 persen,” ucap dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) itu, Jumat (22/3/2024).

Sukarmin menyarankan, terkait pendaftaran tersebut, peserta kategori umum atau di luar peserta SNBP 2024 agar mempersiapkan diri dan persyaratan untuk mendaftar dari sekarang. Sementara bagi peserta SNBP 2024 bisa menunggu pengumuman terlebih dahulu.

“Bagi peserta SNBP yang belum beruntung bisa mendaftar lagi di jalur UTBK-SNBT. Sementara peserta yang nanti dinyatakan lolos jalur SNBP 2024 tidak boleh mendaftar lagi di jalur UTBK-SNBT,” imbuhnya.

UTBK-SNBT tahun ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk memilih 1 hingga 4 prodi, baik itu prodi sarjana akademik maupun sarjana terapan.

Ketentuannya yakni:
1. Bagi yang memilih 1 prodi bisa memilih prodi manapun, baik sarjana akademik, sarjana terapan atau diploma.
2. Bagi yang memilih 2 prodi, juga bisa memilih program manapun, bisa prodi sarjana akademik, sarjana terapan atau diploma.
3. Bagi yang memilih 3 prodi, bisa memilih 2 prodi sarjana akademik dan 1 program vokasi (sarjana terapan D-4 atau D-3) atau bisa sebaliknya, 2 program vokasi, 1 program sarjana akademik.
4. Bagi yang memilih 4 prodi, ketentuannya bisa memilih 2 prodi sarjana akademik dan 2 prodi sarjana terapan (harus ada minimal 1 program diploma tiga atau D-3).

Sebelum melakukan pendaftaran, ia menekankan beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya terkait pemilihan prodi yang harus disesuaikan dengan kemampuan, minat-bakat atau rencana karir peserta ke depan, mencari tahu kuota penerimaan dan tingkat persaingan prodi yang dipilih. Serta, bagi pemilih prodi olahraga, seni dan desain, wajib mengunggah portofolio.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa bagi pendaftar disabilitas bisa menyiapkan surat pernyataan yang ditandatangani kepala sekolah di atas meterai dan stempel sekolah.

“Disarankan segera mendaftar alias tidak mendaftar mepet penutupan. Lalu, pilihlah lokasi tes yang terdekat, mudah diakses dan dijangkau. Jangan lupa untuk memperhatikan tanggal penting seperti waktu dan ketentuan pendaftaran. Dan paling penting persiapan diri dengan belajar, latihan soal, dan berdoa,” pungkasnya.(ris/azw/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs