Sabtu, 25 Mei 2024

Pengendara Diingatkan untuk Jaga Stamina saat Arus Balik Lebaran

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Kepadatan kendaraan di gerbang Tol Cikampek Utama dalam arus mudik. Foto: Kementerian PUPR

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengingatkan pengendara roda dua dan roda empat agar tetap jaga stamina saat perjalanan arus balik Lebaran.

“Pemudik yang baru pulang dari kampung halaman tetap harus menjaga stamina. Jangan euforia dari Bakauheni turun di Merak lancar langsung kebut,” ujar Inspektur Jenderal Polisi Aan Suhanan Kakorlantas Polri dilansir Antara, Minggu (14/2/3034).

Aan Suhanan menjelaskan, pihaknya telah memantau kondisi lalu lintas pada sejumlah jalur jalan yang dilalui pengendara pada masa arus balik. Termasuk dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa.

Situasi lalu lintas, kata Aan Suhanan melanjutkan bahwa dari arah Sumatera Selatan menuju Pelabuhan Bakauheni maupun dari Pelabuhan Merak menuju DKI Jakarta masih cukup lancar.

Artinya, katanya, pada pengendara yang melakukan perjalanan saat arus balik agar tetap menjaga stamina tubuh serta mengendalikan kecepatan agar terhindar dari risiko kecelakaan.

“Keselamatan menjadi hal yang utama sehingga bisa sampai ke tempat tujuan,” kata Aan Suhanan.

Lebih lanjut, Aan Suhanan mengatakan, untuk mendukung kelancaran arus balik maka pemberlakuan kebijakan pembatasan kendaraan besar (sumbu 3) juga masih berlangsung hingga 16 April 2024.

“Jadi para kapolda, para dirlantas, sampai tanggal 16 pastikan agar tidak ada kendaraan sumbu 3 ke atas kecuali yang beroperasi mengarah ke Merak maupun di jalur arteri,” katarnya. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
29o
Kurs