Senin, 29 April 2024

Penghentian Perang di Gaza Akan Pulihkan Stabilitas di Laut Merah

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Tentara Israel beroperasi di Jalur Gaza dalam gambar selebaran yang dirilis pada 21 Januari 2024. Foto: Israel Defense Forces

Ali Bagheri Kani Wakil Menteri Luar Negeri Iran menekankan pentingnya menjaga keamanan maritim di perairan Laut Merah.

Ia mengatakan, hanya dengan menghentikan serangan di Gaza, maka kondisi yang tepat dapat tercipta untuk memulihkan stabilitas di Laut Merah.

Seperti dilaporkan Antara pada Sabtu (10/2/2024), Bagheri Kani menyampaikan hal itu saat bertemu Ma Zhaoxu Wakil Menteri Luar Negeri China di Beijing.

Dalam pertemuannya dengan Ma, Bagheri Kani menyatakan Teheran yakin bahwa serangan rezim Israel terhadap Gaza harus dihentikan secepat mungkin, dan Teheran menolak pemaksaan solusi apa pun terhadap rakyat Palestina.

Lebih lanjut, Bagheri Kani menyampaikan kesediaan Teheran untuk menyelesaikan isu nuklir Iran melalui jalur politik dan diplomatik. Wamenlu Iran itu berharap semua pihak terkait menunjukkan kesungguhan dan komitmennya terhadap kewajiban mereka.

Dia juga menyebutkan bahwa Teheran berupaya memperkuat komunikasi dan koordinasi dengan Beijing guna menggalang perdamaian dan stabilitas dalam konteks regional dan global.

Mengakui upaya Teheran dalam menjaga hubungan dengan pihak terkait, Ma menegaskan dukungan kuat China terhadap Rencana Aksi Komprehensif Bersama Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA), yang umumnya dikenal dengan perjanjian nuklir Iran.

Wamenlu China itu juga mengatakan bahwa China secara aktif mengadvokasi resolusi politik untuk isu nuklir Iran.

Selanjutnya, terkait situasi di Laut Merah, Ma turut menghubungkan situasi saat ini dengan serangan Israel di Jalur Gaza. (ant/ike/saf)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs