Sabtu, 1 Juni 2024

Perdana Menteri Slovakia Ditembak Orang Tak Dikenal

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Petugas penyelamat membawa Robert Fico Perdana Menteri Slovakia ke rumah sakit di Banska Bystrica pada Rabu (15/5/2025). Foto: AP

Robert Fico Perdana Menteri Slovakia mengalami cedera parah karena ditembak seseorang yang tak dikenal usai menghadiri rapat pemerintah di Kota Handlova di bagian tengah negara tersebut.

Televisi setempat JOJ melaporkan, Fico ditembak oleh pelaku saat dirinya keluar dari sebuah gedung untuk menemui masyarakat.

Dilansir dari Antara, Tomas Taraba Wakil Perdana Menteri Slovakia menyatakan bahwa tindakan medis yang segera diterima Fico di rumah sakit berhasil menyelamatkannya dari kondisi kritis.

“Sejauh yang saya tahu, operasinya berjalan lancar, dan saya yakin pada akhirnya ia akan selamat. Nyawanya sudah tidak lagi terancam saat ini,” kata Taraba kepada BBC.

Taraba menyebut Fico menderita luka parah di bagian perut dan sendi karena tertembus peluru tajam.

“Lukanya parah — satu peluru menembus perut dan peluru kedua mengenai sendinya. Ia segera dievakuasi ke rumah sakit dan langsung dibawa ke meja operasi,” kata dia.

Kantor berita TASR menyatakan, pelaku penembakan langsung ditangkap. Identitas dan motif penembakan pelaku masih diselidiki hingga saat ini.

Namun, Thomas Verniek wartawan setempat melaporkan kepada SkyNews, pelaku merupakan seorang mantan petugas pengamanan.

Zuzana Caputova Presiden Slovakia dengan tegas mengutuk penembakan tersebut dan mendoakan supaya Fico segera pulih. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 1 Juni 2024
29o
Kurs