Minggu, 28 April 2024

Perkuat Pendidikan dan Kesehatan, UM Surabaya Resmikan Gedung Baru dan Groundbreaking Rumah Sakit

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Peresmian gedung At-Ta'awun tower dan groundbreaking Rumah Sakit Gigi dan Mulut di Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Sabtu (9/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sebagai upaya untuk memperkuat pendidikan dan kesehatan, Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya meresmikan gedung At-Ta’awun dan melakukan groundbreaking Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) di UM Surabaya pada Sabtu (9/3/2024)

Haedar Nashir Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengatakan, pendidikan dan kesehatan menjadi satu kesatuan yang harus terus disegerakan untuk menghadapi kemajuan zaman

“Saya yakin Muhammadiyah mampu mencari titik temu untuk pengembangan ilmu kesehatan dan juga dunia pendidikan,” katanya.

Ia optimistis Muhammadiyah akan terus mampu menjadi pilar strategis yang ikut menentukan perjalanan Indonesia. Agar menjadi bangsa yang cerdas, sehat, dan berakhlak mulia.

Menurutnya, lompatan-lompatan UM Surabaya di bidang pendidikan tidak terlepas dari perpaduan transformasi personal dan transformasi institusional. Kemajuan di bidang pendidikan, kata dia, merupakan ciri dalam kepribadian Muhammadiyah yang selalu adaptif.

“Orang-orang Muhammadiyah DNA-nya sudah melekat jujur, amanah, dapat dipercaya, kerja keras tapi juga rasional dan punya kesadaran yang tinggi ini adalah modal kita,” ucapnya.

Sukadiono (dari kiri) Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan (Menkes), Haedar Nashir Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Muhadjir Effendi Menko PMK, dan Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya saat meresmikan gedung At-Ta’awun di UM Surabaya, Sabtu (9/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sementara itu, Sukadiono Rektor UM Surabaya mengatakan, adanya gedung baru dan groundbreaking RSGM itu, menjadi sebuah lompatan UM Surabaya untuk kemajuan lembaga pendidikan tinggi.

“Gedung yang akan menjadi pusat Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi tersebut, harapannya akan menjadi penegas kemajuan akademik di bidang kesehatan yang ditunjang dengan kemajuan fasilitas yang beragam dan memadai,” katanya.

Seperti diketahui, gedung tersebut memiliki 23 lantai, untuk Dekanat Fakultas Kedokteran, Ruang Dosen FK, Laboratorium Parasitologi, Lab Patalogi Klinik, Lab Histologi/Biomedik, Laboratorium Farmokologi, Skill Lab, Skill Lab Tutorial, Skill Lab, Ruang Osce, Skill Lab Tutorial, Skill Lab, Student Center Perpustakaan, Ruang Dosen FKG, Ruang Manekin, Ruang Kuliah dan Lab Biologi Oral, Ruang Baca dan Ruang Tutorial, Ruang CBT, Ruang Teater 1, Ruang Teater 3, Senat dan Ruang Rapat, dan Auditorium.(ris/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
30o
Kurs