Senin, 17 Juni 2024

Pj Gubernur Jatim Lantik 23 PPIH Embarkasi di Asrama Haji Surabaya

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Adhy Karyono Pj Gubernur Jatim saat memberikan sambutan pada pelantikan PPIH Embarkasi Surabaya di Asrama Haji Surabaya, Jumat (3/5/2024). Foto: Firman magang suarasurabaya.net

Adhy Karyono Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur (Jatim) melantik Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Surabaya, Jumat (3/5/2024).

Pelantikan Pengurus PPIH terbagi menjadi beberapa instansi vertikal. Yaitu dari Pemerintahan Provinsi Jawa Timur, Polrestabes Surabaya, Dinas Kesehatan Jawa Timur, Kanwil Kementrian Agama Provinsi Jawa Timur, dan Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Jawa Timur.

Selain itu, Kantor Otoritas Bandara Juanda, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Surabaya, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Type Madya Pabean Juanda, UPT Asrama Haji Surabaya, Kantor Imigrasi Kelas 1 Surabaya, dan Rumah Sakit Haji Surabaya.

“Kita lantik sesuai dengan bidang dan kewenangannya, saya berharap yang ditugaskan kali ini adalah orang tepat dan amanah,” tuturnya.

Usai melantik PPIH Embarkasi Surabaya, Adhy Karyono juga menjelaskan proses administrasi dan pemberangkatan seluruhnya dilakukan di Asrama Haji Surabaya.

“Untuk visa, passport, dan kapasitas bagasi juga dilakukan disini semuanya,” ucapnya saat ditemui awak media.

Embarkasi Surabaya, lanjutnya, diberikan perlakuan khusus juga dari pihak Arab Saudi tentang Fast Track yang semuanya juga dilakukan di Asrama Haji Surabaya.

Adhy Karyono menjelaskan, jamaah haji tahun 2024 meningkat lebih banyak dibandingkan jamaah haji tahun lalu.

“Tahun ini Embarkasi Surabaya memberangkatkan 39.228 jemaah haji,” jelasnya.

Ia menuturkan, akan segera memeriksa dan mengevaluasi semua yang masih kurang atau masih belum diatasi.

“Pelayanan dengan baik dan pembinaan yang baik. Semua untuk penyelesaian yang baik juga,” tuturnya.

Terkait akses Rumah Sakit Haji, Adhy menjelaskan sudah mengurus dan melakukan dari tahun kemarin dengan Kementrian Agama.

“Awalnya dulu harus muter (berputar) dulu dari asrama, sekarang sudah kita bypass dengan Kemenag supaya tidak jauh-jauh,” pungkasnya. (man/saf/faz)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
27o
Kurs