Senin, 29 April 2024

PMI Beri Layanan Kesehatan Keliling untuk Pengungsi di Gaza

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Relawan PMI sedang memberikan layanan kesehatan kepada pengungsi Gaza yang berada di perbatasan Rafah Palestina, Minggu (11/2/2024). Foto: PMI Relawan PMI sedang memberikan layanan kesehatan kepada pengungsi Gaza yang berada di perbatasan Rafah Palestina, Minggu (11/2/2024). Foto: PMI

Palang Merah Indonesia (PMI) bekerja sama dengan Lembaga Bantuan Medis di Gaza memberikan layanan kesehatan keliling secara door to door dari tenda ke tenda di Jalur Gaza.

“Layanan kesehatan keliling ini merupakan upaya PMI dalam mendekatkan akses kesehatan bagi warga pengungsi yang sakit. Bagi warga yang sakit namun tidak memungkinkan beranjak ke fasilitas kesehatan darurat, mereka mendapatkan layanan door to door dari tenda ke tenda,” kata Arifin Muh Hadi Kepala Markas Pusat PMI sekaligus Ketua Tim Misi Kemanusiaan PMI untuk Gaza.

Dilansir dari laman resmi PMI, target layanan kesehatan keliling PMI tahap pertama ini ditargetkan untuk 1.000 pasien. Selanjutnya, setelah target tercapai, PMI akan terus melanjutkan layanan kesehatan tersebut dan menyasar ke beberapa penampungan darurat lainnya.

Pendekatan layanan kesehatan keliling ini sangat efektif mengingat jumlah rumah sakit yang beroperasi di Gaza semakin berkurang, sementara itu kapasitas tampung pasien di rumah sakit yang ada juga sangat terbatas.

Ridwan Sobri Carman Kepala Penanggulangan Bencana PMI Pusat yang juga berada di El Arish menambahkan, pihaknya telah menurunkan tenaga dokter dan perawat dalam menjalankan layanan kesehatan keliling ini.

“Tim Medis mitra PMI di wilayah Gaza yang kami mobilisasi terdiri dari 2 tim, masing-masing tim didukung oleh 1 dokter dan 2 perawat. Kedua tim medis ini terus menyasar beberapa penampungan pengungsi di Rafah Gaza maupun Younis,” jelas Ridwan Sobri. (ike/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs