Minggu, 16 Juni 2024

Puluhan Umat Buddha Padati Vihara Mahavira Graha Rayakan Hari Raya Tri Suci Waisak

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Bhante Vihara Mahavira Graha dan umat Buddha saat melakukan Pradaksina memutari Vihara sesuai arah jarum jam untuk merayakan Waisak 2024, Kamis (23/5/2024). Foto: Firman magang suarasurabaya.net

Vihara Mahavira Graha yang berada di Jalan Pasar Besar Wetan, Bubutan Surabaya ini dipadati puluhan Umat Buddha yang merayakan Hari Raya Tri Suci Waisak 2024.

Pantauan suarasurabaya.net, para umat Buddha mulai berdatangan sejak pukul 10.00 WIB dengan prosesi ibadah baru dimulai pada pukul 11.00 hingga 12.30 WIB.

Tio Hendra Wijaya salah satu umat Buddha Vihara Mahavira Graha menyebut, ibadah untuk memperingati Waisak selalu mempunyai makna tersendiri baginya.

“Kami setiap tahun selalu merayakan dan berterimakasih kepada Tuhan kami,” ucapnya kepada suarasurabaya.net, Kamis (23/5/2024).

Setelah melakukan ibadah, Tio mengatakan akan ada acara pribadi dari masing-masing Vihara.

“Kalau ibadah pasti dilakukan pertama, untuk acara lainnya menyesuaikan Vihara yang didatangi,” katanya.

Puluhan Umat Buddha yang mengikuti ibadah Waisak di Vihara Mahavira Graha, Kamis (23/5/2024). Foto: Firman magang suarasurabaya.net

Dia mencontohkan Vihara Mahavira Graha menerapkan vegetarian dan tidak memberikan jamuan berbahan daging hewan.

“Vihara sini kalau hiasan pakai bunga, kalau makanan ya sayur-sayuran,” terangnya.

Ia juga menuturkan, di tahun politik seperti ini para Umat Buddha hanya bisa berdoa dan berharap yang terbaik untuk Indonesia.

“Pada dasarnya kami (umat Buddha) tidak mau ikut campur tentang masalah apapun diluar sana. Namun, kami tetap berharap yang terbaik saja,” tuturnya.

Tio berharap, Waisak tahun ini bisa memberikan berkah kepada Umat Buddha seluruh Indonesia.

“Semoga semua agama yang di Indonesia bisa semakin akur dan tidak ada lagi rasisme yang terjadi,” tandasnya. (man/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
31o
Kurs