Rabu, 8 Mei 2024

Ramadan Bergaya! Drupadi Roemah Batik Gelar Fashion Show Bertajuk 1001 Malam

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Lisa Drupadi pemilik Drupadi Roemah Batik (tengah) bersama para model dalam acara fashion show bertajuk "1001 Malam" di Shangri-La Hotel Surabaya , Rabu (20/3/2024). Foto: Ikke magang suarasurabaya.net Lisa Drupadi pemilik Drupadi Roemah Batik (tengah) bersama para model dalam acara fashion show bertajuk "1001 Malam" di Shangri-La Hotel Surabaya, Rabu (20/3/2024). Foto: Ikke magang suarasurabaya.net

Drupadi Roemah Batik berkolaborasi dengan Yayasan Warisan Kasih menggelar acara fashion show dibulan suci ramadan bertajuk “1001 Malam” dengan menghadirkan koleksi terbarunya, di Shangri-La Hotel Surabaya, Rabu (20/3/2024).

Lisa Drupadi pemilik Drupadi Roemah Batik mengatakan, acara ini mengajak pecinta mode untuk merasakan sensasi menjelajah ke negeri 1001 Malam yang jauh di Timur Tengah, melalui kekayaan kreasi yang ditampilkan.

“Terdapat 10 koleksi yang ditampilkan dan dikombinasi dengan kain-kain dari berbagai pelosok daerah dengan desain-desain yang ditampilkan mengambil unsur padu padan warna, dengan dominasi warna kuat seperti merah, hitam, fusia, hijau, orange dan berbagai warna lainnya yang memukau,” kata Lisa kepada awak media.

Warna-warna tersebut, lanjut dia, berpadu dengan berbagai macam material kain dari pelosok nusantara, mulai dari Jawa dengan batik lawas, klasik, tulis. Kemudian, prada Bali, tenun ikat NTT, songket Palembang Sumatera, sutra tenun lagosi Sulawesi.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan di era gempuran banyaknya fashion yang bermunculan, Drupadi tetap mempertahankan ciri khasnya. Namun, untuk mode dan trend tetap mengikuti perkembangan zaman. Karena, dengan mempertahankan khasnya, Drupadi Roemah Batik mampu berdiri selama 15 tahun dalam industri ini.

“Selama sekitar 15 tahun kami fokus dengan batik tenun dan songket, baru kali ini berfokus juga untuk mengeluarkan koleksi muslim, dan memberanikan diri untuk memberikan sentuhan Etnik pada khimar dengan harapan lebih kekinian dan fashionable” ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa desain busana muslim memberikan tantangan tersendiri karena adanya kaidah-kaidah agama yang harus diikuti, seperti tidak boleh terlalu ketat dan harus menutup aurat dengan sempurna.

“Yang saya tekankan pada setiap desain adalah kenyamanan saat dikenakan dan keberlanjutan, serta pastinya ada kebahagiaan tersendiri saat mendesain busana moslem,” tuturnya.

Empat karya busana Lisa Drupadi yang dipamerkan pada fashion show bertajuk "1001 Malam" di Shang Ri La Hotel Surabaya, Rabu (20/3/2024). Foto: Ikke magang suarasurabaya.net
Empat karya busana Lisa Drupadi yang dipamerkan pada fashion show bertajuk “1001 Malam” di Shang Ri La Hotel Surabaya , Rabu (20/3/2024). Foto: Ikke magang suarasurabaya.net

Fashion show bertema 1001 Malam ini, menurutnya menjadi wujud nyata dari keindahan budaya Indonesia yang kaya dengan kearifan lokal dan keunikan desain batik. Selain itu, acara ini juga menunjukkan dedikasi Drupadi Roemah Batik dalam menghadirkan koleksi yang beragam dan berdaya inspiratif.

Ia juga berharap jika koleksi busana muslim ini bukan hanya cocok digunakan di bulan Ramadan saja, namun koleksi ini bisa menjadi alternatif busana acara kegiatan keseharian diluar bulan Ramadan.

“Jujur koleksi-koleksi ini sebenarnya bisa dikenakan dalam acara atau kesempatan khusus diluar bulan Ramadan dengan sedikit mix match material & warna style ini bisa dipadupadankan. Karena ada nilai plus dengan mengenakan material kain-kain unggulan kedaerahan Indonesia. Auranya beda, lebih terlihat berwibawa. Karena itu kita harus bangga dengan Wastra Nusantara,” bebernya.

Pada Kesempatan yang sama, Erlin Rusiawaty Founder Yayasan Warisan Kasih mengatakan acara hari ini bertujuan untuk silaturahmi antar member warisan kasih, sesuai dengan slogannya “Harmoni Keberagaman”.

“Jadi memang Warisan Kasih selalu ada acara khusus, setiap momen Ramadan, Christmas, dan Imlek. Acara kali ini menjadi spesial, karena kami berkolaborasi dengan Drupadi Roemah Batik,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Yayasan Warisan Kasih kerap menggelar kegiatan sosial yang bergerak di bidang pendidikan, kesehatan, berbagi kasih dan peduli terhadap masyarakat yang membutuhkan. (ike/bil/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
27o
Kurs