Selasa, 30 April 2024

Ratusan Siswa dan Pegiat Seni Peringati Hari Musik dengan Ziarah ke Makam WR Soepratman

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Surahman pegiat seni yang masih satu keluarga dari WR. Soepratman saat memberi sambutan dalam peringatan hari musik di makam WR. Soepratman Surabaya, Sabtu (9/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net Surahman pegiat seni yang masih satu keluarga dari WR. Soepratman saat memberi sambutan dalam peringatan hari musik di makam WR. Soepratman Surabaya, Sabtu (9/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Ratusan masyarakat yang terdiri dari pegiat seni dan siswa ekstrakurikuler seni musik dari beberapa sekolah di Surabaya menggelar ziarah di makam WR. Soepratman pahlawan nasional pencipta lagu Indonesia Raya, di Surabaya, Sabtu (9/3/2024).

Surahman, pegiat seni yang masih satu keluarga dari WR. Soepratman mengatakan, ziarah bertajuk “Gelora Indonesia” itu, selain untuk berdoa juga untuk memperingati Hari Musik Nasional yang jatuh setiap tanggal 9 Maret.

“Ini bukan hanya sebagai hari kelahirannya beliau, tetapi menjadi hari musik, menjadikan ini selalu bertambah peringatannya,” katanya seusai ziarah.

Para pegiat seni di Surabaya saat menaburkan bunga di atas makam WR. Soepratman, Surabaya, Sabtu (9/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net
Para pegiat seni di Surabaya saat menaburkan bunga di atas makam WR. Soepratman, Surabaya, Sabtu (9/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Ia mengatakan, musik tidak hanya untuk dinikmati, tetapi juga untuk dilaksanakan lirik-lirik perjuangannya. Sehingga setiap mimpi yang terkandung dalam musik, harus menjadi harapan yang diupayakan.

“Apa yang kita impikan di malam hari harus dilaksanakan di pagi hari. Jangan menjadi mimpi saja, harus dilaksanakan sampai berhasil,” katanya.

Dalam peringatan tersebut, masyarakat yang hadir menaburkan bunga secara bergilir di atas makam WR. Soepratman.

Anak-anak yang duduk di bangku SD dan SMP kemudian menyanyikan lagu-lagu nasional dalam kelompok paduan suara. Selain itu, siswa siswi juga menampilkan pertunjukan drum band.

Sementara itu, para pegiat seni juga turut menyanyikan berbagai lagu dengan menggunakan alat musik keroncong.

“Hari musik Nasional sudah ditetapkan kelahirannya, sehingga harus diperingati, diramaikan di segala penjuru,” pungkasnya.(ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs